Mohon tunggu...
Novia Dita Kurnia
Novia Dita Kurnia Mohon Tunggu... Guru - Guru mapel

Saya seorang guru di salah satu madrasah aliyah di Kabupaten Blitar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peringatan Hari Kartini di MA Al Hikmah Langkapan

28 November 2022   23:10 Diperbarui: 28 November 2022   23:39 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Upacara peringatan hari Kartini sendiri yang dilaksanakan hari kamis (21/4) diikuti oleh seluruh siswa MA Al Hikmah Langkapan. Yang unik dari pelaksanaan upacara Hari Kartini kali ini yang menjadi petugas upacara adalah kerja sama antara siswi perempuan dan guru-guru wanita.  

Dan tahun ini merupakan pertama kalinya guru wanita menjadi petugas upacara. Tanpa latihan, tanpa gladi resik, alhamdulillah upacara dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pembina upacara yang bertindak adalah ibu Amin Zulaikah, S.Ag yang sehari-harinya dikenal sebagai guru mata pelajaran Akidah Akhlaq. Dalam amanatnya beliau mengungkapkan, Inti dari Hari Kartini dan Isro' Mi'roj adalah sama-sama memperjuangkan kehidupan dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang. 

Pada awal peradaban manusia, pada zaman Jahilliyah dulu, seorang perempuan dianggap tidak ada dayanya, dijadikan budak dan diremehkan oleh kaum laki-laki, hingga pada masa Rasulullah, semua itu dihapuskan! Seperti juga perjuangan RA Kartini, yang dikenal sebagai Putri Indonesia dan tokoh pejuang emansipasi wanita. RA Kartini ingin maju demi memperjuangkan hak perempuan agar mempunyai derajat yang sama dengan kaum laki-laki. Para wanita saat itu diajari bagaimana cara memasak, menjahit dll agar lebih mandiri. Tanpa beliau mungkin kaum perempuan Indonesia tidak bisa seperti sekarang ini."

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun