Mohon tunggu...
Novi
Novi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi bermain bulutangkis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop (Shopee) dalam Meningkatkan Penjualan

16 Desember 2022   12:02 Diperbarui: 16 Desember 2022   12:25 443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Terdapat banyak alasan mengapa internet menjadi alat pemasaran yang ideal bagi pelaku online shop. Internet bisa menjangkau jutaan orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasar yang terdiri dari sekelompok individu tertentu terlebih bagi kaum muda seperti mahasiswa. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik dan tidak terdapat batasan geografis. Pemasaran melalui media online mulai populer sejalan dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya pemasaran melalui media online, kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya para perusahaan kecil atau yang baru bertumbuh tidak mampu melakukan aktivitas pemasaran secara optimal. 

Online shop merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh internet yang memberikan berbagai kemudahan. Kemudahan yang disajikan adalah efisiensi waktu dalam melakukan pekerjaan tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu. Para pengguna jasa jual beli online dapat dengan mudah melihat pilihan barang dan harga yang akan dibelinya.

Keunggulan pembelian secara online ini prosesnya dapat dengan mudah di lakukan cukup dengan membuka web web online shop dengan sambungan jaringan internet. Berbagai kesempatan dilingkungan sosial mahasiswa sering kali memperbincangkan mengenai online shop. Online shop menjadi topik pemrbincangan untuk menjalin komunikasi antara mahasiswa satu dengan yang lainnya. Seperti yang terlihat saat ini internet merupakan strategi pemasaran yang tepat untuk dekat dengan khalayak. 

Banyak sekali penawaran penjualan produk yang diberikan online shop melalui internet, baik lokal maupun internasional, harga mahal hingga harga yang murah. Online shop juga banyak menjual berbagai kategori diantaranya adalah pakaian, elektronik, tas, sepatu dan jenis barang lainnya yang ditawarkan untuk kepuasan kalangan mahasiswa yang ingin berbelanja dengan cepat dan mudah tanpa harus pergi keluar rumah. Seiring dengan pesatnya kemajuan transaksi lewat internet masih terdapat banyak kekurangan didalamnya yang menyebabkan kerugian bagi produsen maupun konsumen online. 

Kalangan mahasiswa merupakan salah satu komuditi terbesar pengguna internet dimana banyak diantaranya menggunakan internet sebagai peluang bisnis. Namun, tanpa disadari semakin banyak peluang bisnis ini, maka semakin banyak pula pesaing yang terlibat didalamnya sehingga dibutuhkan strategi yang tepat sehingga produsen dan konsumen pun sama-sama mendapatkan keuntungan.

Meskipun pemasaran melalui Internet sudah terjadi dimana-mana, namun tidak semua online shop menggunakan komunikasi bisnis melalui Internet dengan cara yang sama dan tepat sasaran. Strategi pemasaran melalui bisnis media online kenyatannya cukup sulit dalam menembus pasar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena begitu banyak perbedaan konsumen di Indonesia mulai dari cara berbelanja, mengapresiasikan suatu produk, promosi penjualan, keadaan ekonomi, perbedaan budaya dan perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendir bagi Online Shop, khususya Shoppe dalam menjangkau semua kalangan konsumen dan meningkatkan penjualan

Bisnis melalui media online tidak semudah yang dibayangkan, apalagi startegi komunikasi bisnis yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan. kebijaksanaan pemasaran dapat diklasifikasikan ke dalam 4 (empat) strategi, yaitu: Strategi produk (Product Strategy) yaitu kebijaksanaan pemasaran yang dilakukan Shopee yaitu dengan mendesain kemasan sehingga menjadi lebih menarik tampilannya, menbranding merek Shopee dengan online shop lainnya, membuat merek dagang, surat izin, membuat jaminan barang, jaminan perusahaan dan perputaran produk. Dalam hal ini memperkuat brand dan tren yang sedang berkembang adalah strategi yang harus dilakukan Shoppe, karena tanpa brand yang kuat dan mengikuti tren, maka persaingan akan langsung mengarah ke satu titik, yaitu persaingan harga. Jika sudah terjadi seperti itu, maka tidak dapat berharap banyak untuk peningkatan penjualan. Selain itu, dengan membangun brand yang baik, maka dengan mudah dapat keluar dari persaingan harga. Harga yang ditawarkanpun dapat lebih timggi dan persaingan dapat dialihkan ke kualitas produk atau kualitas pelayanan Shoppe. 

Distribution strategy yaitu kebijaksanaan pemsaran yang meliputi pendistribusian barang, saluran penjualan barang, saluran penjualan barang dan orang yang mengalami pendistribusian barang ke konsumen. Strategi distibusi yang dilakukan Shoppe yaitu memperbanyak metode penjualan dengan melakukan konversi kepada konsumen. Dengan strategi ini diharapkan antara pembeli dan penjual tidak dibatasi waktu dan tempat. Transaksi yang dilakukan lintas daerah dapat dilakukan dengan mudah cukup dengan menggunakan mobile phone (gadget) Selain itu, Shoppe juga memiliki target pasar yang jelas yaitu perempuan, sehingga Shopee berfokus kepada kebutuhan-kebutuhan perempuan seperti produk kecantikan dan fashion yang sedang up to date atau kekinian. Promotional strategy yaitu kebijaksanaan dalam pemasaran yang meliputi personal selling, advertising dan sales promotion yang memberikan komunikasi yang efektif antara perusahaan dan target market. Promosi yang dilakukan online shop Shoppe adalah efektif dan tepat sasaran. Promosi yang efektif menjadi bagian yang sangat penting dalam untuk mengikat calon konsumen. 

Selain itu, akan mampu membuat pelanggan tertarik dengan produk ditawarkan, dan akhirnya membeli, sehingga Shopee akan menghasilakn keuntungan yang berlipat ganda. Seperti promo “Irit Hasil Selangit” dan gratis ongkos kirim adalah senjata Shopee yang disukai banyak konsumen. Strategi harga (pricing startegy) adalah kebijaksanaan yang dilakukan Shopee dalam pemasarannya yang meliputi metode penetapan harga yang menguntungkan bagi Shopee dan konsumen dengan pertimbangan peraturan pemerintah. Selain itu jaminan harga termurah adalah faktor yang menjadi pertimbaangan konsumen sebelum membeli. Pasang harga dengan percaya diri inilah yang menjadi daya tarik online shop Shoppe, sehingga dapat bersaing dengan lima online shop terlengkap dan terlaris lainnya. Shoppe menjual produknya yang berkualitas, sehingga Shoppe percaya diri dalam memberikan harga. Strategi komunikasi bisnis yang dilakukan Shoppe juga adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan memberikan info yang detail tentang harga, kualitas produk, spesifikasi, garansi dan yang lainnya dengan pelayanan yang terbaik. 

Selain itu, Free Delivery (gratis ongkos kirim) adalah salah satu metode pelayanan kepada pelanggan yang dilakukan Shoppe. Teknik ini cukup ampuh digunakan untuk menarik konsumen membeli produk kita. Shoppe, adalah salah satu online shop yang menggunakan metode ini. Peningkatan kualitas pelayanan menjadi nomor satu bagi Shoppe. Setiap pengunjung diposisikan seperti seorang raja. Segala keluhan akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Shoppe juga meminta data konsumen seperti nomor handphone , supaya dapat selalu menyampaikan apabila ada produk baru atau diskon promo kepada pelanggan. Dan Shoppe juga selalu merespon pembeli dan pelanggan dengan meminta maaf dengan baik kepada pelanggan, apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman produk, produk tidak sesuai dengan yang diinginkan pembeli dan lain-lain. Shoppe berharap pelanggan akan semakin loyal. Maka tidak mengherankan apabila Shoppe sebagai pendatang baru di dunia retail online dapat bersaing dengan online shop lainnya bahkan terlaris dan terdepan jika dibandingkan dengan online shop lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun