Mohon tunggu...
Nova Riana
Nova Riana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Meminimalisir Penggunaan Gawai bagi Anak-anak

18 Mei 2021   12:36 Diperbarui: 18 Mei 2021   12:54 149 2 0 Mohon Tunggu...

Pada era digital, kemajuan teknologi saat ini sangat pesat dan canggih. Sehingga memungkinkan semua orang menggunakan gawai bagi semua kalangan. Gawai memiliki manfaat tersendiri dan juga memiliki dampak negative bagi anak-anak maupun orang dewasa. 

Dalam pemanfaatan gawai orang dewasa dapat mengontrol penggunaan gawai. Berbeda dengan anak-anak, orangtua sangat berperan penting dalam mengontrol pengunaan gawai. 

Manfaat dari penggunaan gawai bagi anak-anak yaitu mudahnya komunikasi, anak-anak juga dapat  mengakses informasi untuk mengembangkan kreativitasnya. Dampak negative nya dari penggunaan gawai yaitu kecanduan yang berkelanjutan sehingga membuat anak-anak ketergantungan terhadap gawai.

Hal yang perlu dilakukan orang tua yaitu:

1. Membatasi waktu

Orang tua harus dapat membatasi waktu dalam penggunaan gawai, agar anak mengerti berapa batas waktu baginya dalam penggunaan gawai. Dan memberikan penjelasan betapa buruknya jika anak berlebihan menggunakan gawai.

2. Menggunakan platfrom video khusus anak

Dalam platfrom video khusus anak tidak tersedia konten lain selain konten anak-anak. Maka dari itu orang tua harus mengaktifkan platfrom video anak untuk mengatur agar anak mengakses konten yang seusianya.

3. Mengajak anak berlibur

Menyegarkan pikiran anak dengan mengajaknya keluar rumah, berlibur ketempat yang memberikan pengetahuan seperti kebun binatang, taman mini, dan tempat berlibur lainnya.

4. Bermain sambal belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN