Mohon tunggu...
Nova Afriyanti
Nova Afriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

selamat datang......

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Gaya Belajar Sejak Dini

13 Juli 2022   23:12 Diperbarui: 13 Juli 2022   23:18 136 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belajar adalah suatu proses yang dialami seseorang dan adanya perubahan tingkah laku dari dalam diri orang tersebut. Belajar merupakan suatu hal yang dapat membantu kita untuk memahami semuanya. 

Maka dari itu, kita perlu belajar untuk keperluan kita di masa depan nanti. Setiap orang memiliki karakteristik dalam melakukan kegiatan belajar, sehingga kita perlu memiliki strategi yang baik untuk kita lakukan ketika sedang mempelajari sesuatu. 

Apabila seseorang mulai memahami dirinya dengan baik, maka proses belajar yang dilakukan akan berlangsung dengan lebih efektif dan efisien. 

Gaya belajar merupakan suatu karakteristik seseorang dalam menggunakan strategi belajar sehingga proses belajar yang sedang dilakukan bisa berjalan dengan baik. 

Pada kegiatan belajar, terdapat beberapa gaya belajar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri kita.

 Gaya belajar ini dapat memudahkan kita dalam menerima, memahami dan memecahkan permasalahan yang ada. Maka dari itu, perlunya kita mengenali gaya belajar sejak dini untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. 

Mengenal gaya belajar sejak dini adalah suatu cara untuk seseorang untuk menerima pembelajaran yang ada dan menunjang keberhasilan. maka dari itu, Gaya belajar adalah suatu hal penunjang dalam keberhasilan pembelajaran. 

Terdapat 3 (tiga) macam gaya belajar yang bisa dilakukan seseorang untuk mempermudah dalam menerima, memahami dan memecahkan permasalahan yang ada. Gaya belajar yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

  1. Gaya belajar visual, seseorang yang memiliki gaya belajar visual akan memiliki proses belajar yang lebih baik dari apa yang mereka lihat. Ciri-ciri orang dengan gaya belajar visual adalah : 1) rapi dan teratur, 2) lebih suka membaca daripada dibacakan, 3) mengingat apa yang dilihat dibandingkan apa yang didengar dan 4) mementingkan tampilan.
  2. Gaya belajar Auditorial, seseorang yang memiliki gaya belajar visual akan memiliki proses belajar yang lebih baik melalui apa yang mereka dengar. Ciri-ciri orang dengan gaya belajar auditorial adalah : 1) mudah terganggu, 2) senang membaca dengan suara keras dan 3) berbicara kepada diri sendiri pada saat proses  belajar.
  3. Gaya belajar kinestetik, seseorang yang memilki gaya belajar kinestetik akan memilki proses belajar yang lebih baik melalui gerakan atau sentuhan. Ciri-ciri orang yang memilki gaya belajar kinestetik adalah : 1) berorientasi fisik, 2) banyak bergerak, 3) belajar melalui praktik dan 4) banyak menggunakan isyarat tubuh.                                                                                                                          

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan