Mohon tunggu...
Nova Dwi N
Nova Dwi N Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga / 20107030128

Masih belajar nulis, terimakasih supportnya :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Nepal Van Java, Desa Wisata di Lereng Sumbing Menarik Wisatawan

23 April 2021   15:49 Diperbarui: 23 April 2021   16:04 204 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nepal Van Java, Desa Wisata di Lereng Sumbing Menarik Wisatawan
Nepal Van Java-dokumen pribadi

Magelang memiliki banyak daya tarik wisata. Jika menyebut Magelang mungkin kalian akan teringat dengan gethuk khasnya. Selain kuliner, terdapat pula objek wisata yang cukup menarik. Salah satunya Desa Wisata Nepal Van Java.

Nepal Van Java kini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi ketika berlibur. Tak hanya menyuguhkan pemandangan cantik, desa ini juga memberikan spot foto menarik dengan pemandangan pemukiman, pegunungan, perkebunan, dan persawahan yang membentang.

Nepal Van Java terletak di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Dengan jarak tempuh 21,5 km (47 menit) dari pusat Kota Magelang. Dusun ini menjadi sorotan karena letak dusunnya yang menarik, yaitu menggunakan metode terasering atau sengkedan. Metode pemukiman yang mirip di Nepal ini juga yang membuat dusun ini dijuluki Nepal Van Java. Dengan suasana seakan-akan di Nepal, Desa Wisata ini segera dikenal masyarakat dan media sosial. Meskipun jauh di pelosok desa, tak menghalangi para traveler untuk datang hanya karena ingin merasakan suasana Nepal di Jawa.

Salah satu spot foto Nepal Van Java-dokumen pribadi
Salah satu spot foto Nepal Van Java-dokumen pribadi
Pengunjung akan memerlukan ekstra tenaga untuk bisa ke lokasi ini karena letaknya yang berada pada ketinggian 1.600 mdpl di kaki Gunung Sumbing. Namun pemandangan yang dihasilkan juga tak kalah. Seolah-olah menghilangkan rasa lelah karena jalan yang menanjak terus menerus, hasil pemandangan sangat memuaskan mata. Kota Magelang yang terletak jauh pun bisa dilihat dari dusun Butuh ini. 

Selain itu, Dusun Butuh juga menjadi salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Sumbing. Jadi bagi para pecinta gunung bisa sekaligus mendaki ke puncak Gunung Sumbing.

Menurut Lilik Setyawan, Kepala Dusun Butuh, sejak viral sebagai Nepalnya Jawa tengah, dusun ini mulai banyak dikunjungi wisatawan. "Kalau dulu yang datang adalah para pendaki yang akan naik gunung melalui basecamp Butuh, kini keadaannya sudah berbeda," Kata beliau.

"Meski capek, tapi hasilnya gak bikin menyesal sih," Ucap salah seorang pengunjung.

Warga sekitar Dusun Butuh yang melihat potensi di wilayahnya selalu menyambut baik para wisatawan yang datang. Mereka selalu manyapa dengan senyuman. "Warga sini juga ramah-ramah orangnya" Ucap seorang pengunjung yang lain.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Curug Mburi Omah

Selain pemandangan perumahan, perkebunan, persawahan, dan pegunungan, dusun ini juga memiliki curug. Karena letak curug berada dibelakang rumah warga, makan dinamakan Curug Mburi Omah. Curug ini adalah salah satu curug di Nepal Van Java yang patut dikunjungi. Selain airnya yang bersih, air curug ini sangat segar karena mengalir langsung dari Gunung Sumbing.

Curug Mburi Omah-dokumen pribadi
Curug Mburi Omah-dokumen pribadi
Biaya Masuk Nepal Van Java

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN