Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Membangun Desa Ditinjau dari Ilmu Manajemen

13 Juni 2021   08:06 Diperbarui: 13 Juni 2021   08:10 170 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Desa Ditinjau dari Ilmu Manajemen
"Photo jenisgelaran.sideka.co"


Desa merupakan tempat perkumpulan masyarakat di suatu tempat atau pemukiman penduduk di Indonesia. Pembagian wilayah administratifnya yang berada di Indonesia di bawah pengawasan oleh kecamatan, yang dipimpin oleh kepala Desa. Sebagai penggerak dan mengawasi seluruh kegiatan pemerintahan yang ada di pedesaan.

Ilmu manajemen dalam bahasa Inggris adalah manage maksudnya mengatur segala aktivitas organisasi pemerintahan yang ada di pedesaan. Tentunya dalam hal ini yang bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan Desa oleh kepala Desa tersebut. Baik kegiatan kebutuhan yang ada di pedesaan maupun kegiatan dari pemerintah pusat baik kabupaten maupun provinsi.

Hubungan manajemen dengan desa menjadi penting dikelolah oleh kepala desa dan perangkatnya sebagai team pendukung untuk menjalankan tugas-tugas pemerintah Desa. Hal yang paling menonjol adalah melakukan pemetaan identitas masyarakatnya yang berada dilingkungan desa tersebut baik masyarakat penduduk asli Desa maupun sebagai masyarakat pendatang.

Hasil dari wawancara Bpk. Absor, Spd.i (Sebagai kepala Desa Cicalengka). Kebetulan Desa yang di maksud berada di kecamatan pagedangan, kabupaten Tangerang, provinsi Banten. Menyampaikan "bahwa memulai membangun desa diawal dari semenjak terpilih menjadi kepala desa tahun 2019, yang menitik beratkan kepentingan masyarakat Desa Cicalengka."  
***
Komitmen dari kepala Desa Bpk. Absor. Spd.I untuk mengelolah dan mengatur lingkungan desa bukan hanya pencitraan semata dinilai dari masyarakat. Namun hal ini benar-benar untuk memajukan Desa Cicalengka yang maju dan modernisasi. Dibuktikan juga menggunakan dana pribadi untuk membangun kantor kepala desa, yang sebentar lagi akan finishing atau siap digunakan dengan kondisi yang baru kantor yang bersih dan nyaman.
***
Analisa kepala Desa Cicalengka Bpk.Absor.Spd menjadi perbandingan masa pembangunan kepala Desa sebelumnya. Karena pembangunan dilaksanakan diakhir masa jabatan, maksudynya adalah ini bagian menghindari persepsi negatif dari pandangan masyarakat. Sebab jika diakhir jabatan secara tidak langsung akan mencalonkan kembali sebagai kepala Desa tersebut."Beliau menghindari hal demikian".

Fenomena diatas sebagai alasan kuat kepala desa Cicalengka sekarang, bahwa akan melaksanakan pembagunan diawal masa jabatan. Untuk menyakinkan kepada masyarakat bahwa strategi mengatur Desa berbeda dengan kepala Desa sebelumnya. Bukan pikiran politik namun mempertimbangkan hak masyarakat biar ikut merasakan percepatan pembangunan yang ada di Desa Cicalengka.

Keefektifan kegiatan kepala Desa supaya lebih terukur dan terarah tentunya bisa dirasakan semua unsur Desa terkait. Sehingga menjadi persaingan yang dilihat dari pembangunan Desa atau kegiatan-kegiatan Desa lainnya. Hal ini juga menjadi keterikatan hubungan emosional dengan masyarakat yang dipimpin oleh Kepala Desa. Yang menjadi juga penilaian langsung dari kecamatan atau unsur baik pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat.

Implementasi ilmu manajemen dalam membangun Desa adalah untuk memastikan dalam mengatur kegiatan, menyusun perencanaan, menggerakkan team pendukung bekerja sama, pengawasan dan evaluasi seluruh kegiatan pedesaan yang berhubungan dengan warga masyarakat Cicalengka. Sebagai kepala Desa tetap melakukan kegiatan monitoring kegiatan Desa yang sudah direncanakan secara menyeluruh dan melibatkan team perangkat Desa.

Program utama yang telah dilaksanakan diantaranya kegiatan keagamaan, kegiatan kepemudaan, kegiatan pembangunan jalan, dan lain sebagainya. Yang sedang direncanakan kedepan adalah akan melakukan pembangunan perpustakaan untuk Desa, kegiatan wirausaha menyediakan mesin jahit, dan pembangunan jalan penghubung Cicalengka yang sebagai jalan utama. 

Jalan utama ini menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten, maksudnya adalah bahwa jalan tersebut bukan menjadi urusan kepala Desa Cicalengka. Namun pandangan masyarakat berbeda tetap menjadi pekerjaan kepala Desa. Hal ini disikapi oleh kepala Desa Bpk. Absor. Spd.I menjadi tantangan juga dalam melakukan pembangun jalan Cicalengka.

Menjalin komunikasi kearah politik dengan anggota dewan bagian kegiatan manajemen Desa dengan kepentingan pembangunan jalan penghubung atau jalan utama Cicalengka tersebut. Sejauh ini kinerja kepala Desa masih berjalan stabil terlihat juga dari pembangunan dan keaktifan komunikasi kepada masyarakat dan pemerintah pusat juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x