Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Kekuatan Ilmu Manajemen dalam Mengubah Nasib Karyawan

6 Juni 2021   10:02 Diperbarui: 6 Juni 2021   10:17 167 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekuatan Ilmu Manajemen dalam Mengubah Nasib Karyawan
"Photo ratutantiblog. wolrdpless.com"


Di era modern tentunya Anda pasti sudah mengenal apa itu manajemen. Manajemen dalam bahasa Inggris manage artinya mengatur atau mengelolah manusia dalam menjalankan aktivitas kerja didalam organisasi tertentu.

Manajemen sebagai tolok ukur untuk menentukan perencanaan organisasi, dalam menetapkan target dari setiap pekerjaan karyawan atau orang-orang yang bekerja di perusahaan organisasi tersebut. Sehingga secara prosedur kerja menjadi tanggung jawab manajemen.

Organisasi yang dimaksud adalah kegiatan orang yang berkumpul dalam perusahaan baik instansi, swasta, pemerintah, dan lain sebagainya. Intinya setiap kelompok orang atau karyawan yang berada dalam organisasi tersebut. 

Keberhasilan manajemen mampu membuat strategi mapping atau pemetaan konsep kegiatan atau pekerjaan setiap karyawan. Dalam pelaksanaannya lebih mengedepankan visi dan misi perusahan yang menjadi panduan terutama menentukan indikator yang tertuang dalam visi dan misi tersebut.

Visi dan misi perusahaan menjadi tugas manajemen membuat strategi perencanaan sesuai yang dijelaskan diatas. Maksudnya adalah poin-poin penting atau langkah yang kongkrit untuk mecapai tujuan perusahaan yang melalui visi dan misi yang telah ditetapkan.

Kerja manajemen terlihatnya hanya teoritis atau kegiatan surat menyurat saja. Ini hanya perasaan orang yang belum mengetahui, karena pada dasarnya manajemen bekerja mempersiapkan dokumen, administrasi, pencatatan atau pendataan, atau yang berhubungan dengan bukti secara tertulis.

Seperti apa yang dijelaskan administrasi dan dokumen adalah mulai dari penerimaan karyawan baru sampai dengan pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal tersebut pasti membutuhkan bukti otentik secara tertulis yang legalitasnya diakui secara hukum serta dapat dipertanggung jawabkan. 

Contohnya surat tugas, surat perjanjian kerja, sertifikat pelatihan, surat promosi, menentukan prosedur kerja, surat pemutusan hubungan kerja, dan data base perusahaan itu bagian penting yang diperhatikan oleh manajemen. Oleh karena itu, selain adminitrasi dan dokumen harus mempertajam analisa apa yang akan terjadi kedepannya.

Antisipasi yang perlu dipikirkan oleh manajemen berhubungan dengan lingkungan kerja yang sangat dinamis seperti manajemen perubahan baik letak dan waktu, manajemen bakat terutama promosi dan karyawan yang mempunyai potensi berkembang, manajemen keuangan kepentingan pengajian karyawan, bonus, dan lain sebagainya.

Dan manajemen lainnya juga, agar setiap kegiatan menghasilkan output dan out come yang berdampak terhadap perusahaan. Kenapa demikian, agar lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap yang menjadi kekurangan atau hal yang belum mencapai target. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x