Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

9 Tips Membuat Kerangka Tulisan Online

25 Mei 2021   22:54 Diperbarui: 25 Mei 2021   23:08 75 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
9 Tips Membuat Kerangka Tulisan Online
"Photo gadgetan.com"


Membuat kerangka menulis atau outline merupakan perencanaan bahan untuk tulisan yang akan dipersiapkan. Hal ini belum tentu juga dilakukan semua penulis, padahal kerangka tulisan membuat kita berpikir terstruktur terutama dalam menyusun kata-kata sehingga menjadi kalimat.

Kebiasaan kita membuat kerangka tulisan akan menghantarkan menjadi penulis profesional. Kenapa demikian, karena kita lebih mudah menganalisa dari setiap isi tulisan yang akan disajikan kepada pembaca. Sangat disayangkan juga, bila menulis tidak membuat outline atau kerangka tulisan tersebut.

Hal yang mendasar seperti kerangka tulisan dalam menentukan tema atau judul. Sering terjadi juga membuat judul yang tidak menarik atau judul tidak sesuai dengan tema, memang perlu jam terbang juga dalam membuat judul yang lebih mudah dipahami pembaca.

Tidak hanya tema dan judul tulisan, kita harus menentukan juga berapa jumlah kata tulisan sampai akhir penutupan.

Biasanya tulisan online mempunyai kisaran sekitar 600 - 1000 jumlah kata, namun tidak menjadi ukuran juga bahwa jumlah kata harus sesuai dengan yang ditulis. Bisa saja lebih atau kurang, maksudnya bisa di bawah 600 kata dan bisa lebih diatas 1000 kata.

Bagian dari kerangka tulisan juga adalah dalam menyusun paragraf, biasanya yang sering saya tulis kisaran 20-35 jumlah kata. Namun tidak menjadi patokan juga harus 20-35 kata tersebut, bisa kurang atau lebih, yang harus dipikirkan jangan sampai paragraf terlalu tipis atau terlalu tebal juga.

Paragraf tersebut menjadi penghubung dalam setiap tulisan, agar pembaca tidak merasa bosan dengan tipis dan tebalnya suatu paragraf tulisan. Untuk bisa diberikan pembatas dengan menggunakan tanda baca seperti tanda koma, titik, tanda tanya, tanda seru, dan lain sebagainya.

Selanjutnya saya akan berbagi dan sharing tips dalam menyusun kerangka menulis online, berikut uraiannya :

1.Menentukan Tema :

Tema merupakan tulisan pokok pembahasan utama yang perlu kita pikirkan sebelum menulis. Maksudnya adalah sebelum tercetus ide untuk menulis judul tulisan, kita perlu memikirkan temanya tentang apa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan