Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Dosen - Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Dinas Luar Kota: Membuat Percaya Diri dan Mandiri

22 Januari 2021   22:51 Diperbarui: 22 Januari 2021   23:04 169 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dinas Luar Kota: Membuat Percaya Diri dan Mandiri
img-20210122-wa0040-600aeecd8ede483b3446e232.jpg


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS.

           "SIAPA SAYA - PART 17"

Percaya diri dan mandiri merupakan kedewasaan diri dalam menjalankan dinas luar kota, artinya mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dalam aktifitas pekerjaan. Setiap kota dan pekerjaan memiliki cerita masing-masing dan berbeda-beda juga orang yang dijumpai baik sebagai karyawan ISS Indonesia atau sebagai orang yang berada di lingkungan kerja. 

Bertemu dengan orang yang berada di lingkungan kerja kunci dari tindakan dan perbuatan saya yang membuat lebih percaya diri dan mandiri, karena pada dasarnya dinas luar kota tersebut tentunya bertemu dengan orang yang berbeda-beda terutama dalam memberikan training, berkomunikasi, dan kegiatan lainya. Hal yang menjadi perubahan dalam diri adalah orang lain yang menilai dan memberikan feedback kemajuan dan perubahan yang terjadi terhadap diri saya.

Selanjutnya saya akan menceritakan perjalanan dinas luar kota, dengan kisah yang akan diuraikan dibawah ini :

10.Jambi :

Tanggal 12 - 14 Juli tahun 2017 dinas luar kota tujuan ke PLN Jambi dengan aktifitas memberikan pelatihan Damkar (Pemadam kebakaran) kepada personil Security ISS area PLN Jambi. Materi pelatihan yang diberikan terkait antisipasi dan penaggulangan bahaya kebakaran ditempat kerja seperti penggunaan alat pemadam api ringan, penggunaan karung goni, dan penggunaan hydrant. Pelaksanaan pelatihan pemadaman kebakaran di tiga cabang PLN Jambi dengan peserta yang berbeda serta di ikuti klien dan karyawan PLN Jambi.

Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personil Security ISS dan karyawan PLN Jambi pada saat terjadi kebakaran di area lingkungan kerja, selain itu untuk kebutuhan audit eksternal terkait kegiatan pelatihan yang di implementasikan. Respon dari klien sangat positif dengan harapan pelaksanaan training diberikan secara berkala.

Selanjutnya diluar kegiatan training saya memberikan pengarahan kepada personil Security terkait evaluasi tugas dan tanggung jawab di area lingkungan kerja, terutama budaya Security ISS, penampilan dan peralatan seragam Security yang digunakan, pelaksanaan prosedur di plotingan, dan pelayanan terhadap customer PLN Jambi baik internal maupun eksternal.

Kemudian saya bersama pak Budi (Operasional manajer ISS cabang Jambi) berkoordinasi dengan klien untuk memastikan kebutuhan dan evaluasi kerja personil Security, sehingga bisa membuat perencanaan perbaikan kualitas terutama kegiatan Security PLN Jambi. Dari feedback yang diberikan oleh klien diantaranya konsisten dan kedisiplinan menjalankan tugas dan tanggung jawab di plotingan atau di pos jaga.

Setelah selesai pelaksanaan kegiatan pelatihan, koordinasi dengan klien, dan coaching dan counseling kepada personil Security ISS, saya bersama rekan kerja pak Budi, pak Irsan, pak Saprudin, pak Suparwanto di ajak ke tempat pak Budi untuk makan bersama, lalu di ajak jalan-jalan keliling kota Jambi malam hari dan tidak pernah lupa mencari pusat oleh-oleh, membeli kaos untuk istri dan makan khas Jambi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x