Mohon tunggu...
Noto Susanto
Noto Susanto Mohon Tunggu... Menata Kehidupan

Saya Sebagai Dosen, Entrepreneurship, Trainer, Colsultant Security dan Penulis.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Hari Belanja Online Nasional Meningkatkan Ekonomi Kreatif untuk Anak Bangsa?

12 Desember 2020   08:42 Diperbarui: 12 Desember 2020   08:50 189 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Belanja Online Nasional Meningkatkan Ekonomi Kreatif untuk Anak Bangsa?
photo uiupdate.ui.ac.id, medhyhidayat.com, dan photo merdeka.com.


Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CNLP, CPS.

Hari belanja Online nasional merupakan hari yang mengingatkan kita semua agar melek teknologi digital, dan mengajak bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja melalui online atau disebutkan Daring. 

Pada zaman era globalisasi, sudah seharusnya masyarakat Indonesia mempunyai daya tarik sebagai edukasi, bahwa media daring menjadi alat untuk jual beli yang berdampak pada pendapatan dan penghasilan untuk pelaku usaha.

Edukasi media daring di lengkapi dengan basis internet yang harus mendukung, karena jika tidak dilengkapi dengan internet, tidak akan terjadi transaksi Online. Yang mana alat utamanya adalah smartphone dan harus ada juga paket data atau Kouta internet.

Transaksi internet bagian penting untuk melakukan komunikasi bisnis, artinya pengaruh terhadap online tentunya ada hubungan juga dengan media sosial. Antara kedua itu sangat berhubungan erat untuk perputaran penjualan barang.

Komunikasi bisnis melalui online berpengaruh terhadap pengguna media sosial dengan alat bantu Smartphone tersebut, baik bagi masyarakat Indonesia atau pelaku usaha saling menguntungkan walaupun komunikasi jarak jauh atau komunikasi hanya melalui online atau media sosial tersebut.

Istilah zaman sekarang sebagai opini penulis adalah 'Jari Bergoyang' maksudnya kekuatan masyarakat hanya menggunakan jari maka akan mendapatkan barang, tentunya harus ada juga yang namanya 'Dompet digital' saldo money harus tetap tebal sehingga transaksi bisa berjalan lancar baik bagi pelaku usaha ataupun bagi pembeli.

Jari bergoyang dan dompet digital salah satu unsur untuk masyarakat Indonesia berpikir akan niat berwirausaha, artinya akan mencari ide dan konsep barang apa yang akan di jual juga melalui online. Sehingga menjadi pelaku usaha hanya tinggal memikirkan strategy penjualan dan pemasaran melalui aplikasi online.

Ide dan konsep pelaku usaha atau memulai usaha ini modal awal untuk mendukung bangsa Indonesia, dalam meningkatkan kestabilan ekonomi . Artinya masyarakat Indonesia mampu menjadi pelaku usaha dan tidak hanya sebagai pembeli.

Menjadi pelaku usaha atau selamanya menjadi pembeli itu menjadi pilihan hidup, karena tidak semua orang ingin berjualan atau berdagang terutama melalui online, ada istilah gaptek atau tidak mampu mengakses media sosial tersebut, disebabkan belum canggih untuk belajar teknologi digital.

Dari pemaparan diatas sudah seharusnya masyarakat Indonesia menggunakan teknologi digital, karena zaman akan berubah semua akan menggunakan teknologi dalam konteks online, kunciya harus mempunya Smartphone dan Kouta internet, semua bisa di pelajari asal ada kemauan dan niat yang kuat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN