Mohon tunggu...
Nor AlfiChoiriyyah
Nor AlfiChoiriyyah Mohon Tunggu... mahasiswa pgsd unisnu jepara

essay ini guna memenuhi tugas UTS bimbingan dan konseling SD

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kajian Konsep Dasar dan Model-model Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

5 Desember 2020   10:21 Diperbarui: 5 Desember 2020   10:31 75 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh Nor Alfi Choiriyyah (191330000465)

3PGSDA2 Fakulitas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara

PENDAHULUAN

Dalam UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang SisDikNas pasal 1 ayat (6) tertulis "pendidik merupakan tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, konselor, pamong belajar, tutor, dosen, instruktur, fasilitator, widyaiswara, dan sebutan lain yang sesuai, serta berpartisipasi dalam pendidikan". 

Bimbingan dan konseling merupakan bagian dari system pendidikan yang memiliki peranan sangat penting guna memenuhi fungsi dan tujuan pendidikan serta peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Guru BK atau konselor perlu menguasai kompetensi dasar bimbingan dan konseling seperti manajemen layanan. 

Dalam memenuhi tujuan dan fungsi di atas konselor atau guru SD perlu memahami konsep dasar dan model bimbingan yang sesuai di tingkat sekolah dasar, agar pelaksanaan bimbingan berjalan lancar dan mencapai keberhasilan. Namun, mayoritas sekolah dasar di Indonesia tidak memiliki guru khusus di bidang bimbingan dan konseling. 

Sehingga guru kelas merangkap tugas menjadi pengajar sekaligus pemberi layanan bimbingan. Mayoritas pembimbing memberikan model bimbingan dan konseling yang terfokus pada peningkatan mutu pendidikan dan tidak disesuaikan dengan karakteristik, potensi, dan kondisi peserta didik. Penulisan essay ini bertujuan untuk mengkaji konsep dasar bimbingan dan konseling serta model-model bimbingan dan konseling di sekolah dasar. penulis berharap agar pembaca lebih memahami konsep dasar bimbingan dan konseling serta model bimbingan dan konseling di sekolah dasar.

PEMBAHASAN

KONSEP DASAR BIMBINGAN dan KONSELING

Salah satu fungsi bimbingan dan konseling bagi peserta didik ialah membantu mengurangi masalah peserta didik dan menghindarkan peserta didik dari masalah yang mungkin timbul dari lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Konselor disini bertugas membentu perkembangan peserta didik dalam mengambil kepuitusan yang bijak. (olando dkk., 2014).  

Peran pembimbing atau guru BK di sekolah dasar dituntut untuk dibekali dengan kompetensi pembimbing dan kemampuan pengaplikasian bimbingan dan konseling (Lin & Chen, 2016). Oleh karena konselor di sekolah dasar sangat jarang, sehingga guru kelas selain mengajar juga melaksanakan bimbingan dan konselling  (Wihyanti dkk., 2019: 483). Dalam pengaplikasian bimbingan dan konseling pembimbing harus mengetahui konsep dasar dan model bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Berikut penjabarannya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x