Mohon tunggu...
Nora Dilla
Nora Dilla Mohon Tunggu... Lainnya - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Urgensi Pendidikan Pancasila di Era 4.0

26 September 2022   23:56 Diperbarui: 27 September 2022   00:03 158 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENTINGNYA PENDIDIKAN PANCASILA BAGI GENERASI PENERUS BANGSA

 Nilai pancasila harus ditanamkan kepada generasi muda sejak dini dikarenakan sangatlah penting agar mengetahui bagaimana menjadi generasi yang memiliki rasa bertanggung jawab,generasi yang baik,generasi yang selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan,kemanusiaan,persatuan maupun nilai kerakyatan.

Seperti yang kita ketahui di zaman globalisasi saat ini,yang dimana perkembangan teknologi informasi yang begitu  sangat cepat,telah membawa dampak bagi kehidupan manusia,adapun dampaknya yaitu dampak positif dan dampak negatif,dan adapun dampak positif sendiri dari teknologi ini yaitu apabila kita mampu memanfaatkannya maka kita bisa meningkatkan taraf hidup.

Sedangkan dampak negatif  yang dapat ditimbulkan oleh teknologi ini yaitu dapat berdampak kepada diri kita sendiri seperti perubahan berbagai aspek kehidupan dan yang paling menonjol yaitu yang seperti kita lihat saat ini banyak generasi muda yang bersikap tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila na hal tersebut disebabkan karena rendahnya kesadaran pada diri mereka sendiri.

Maka dari itu generasi muda sangat memerlukan adanya pendidikan pancasila.Pendidikan pancasila mampu membentuk moral yang dapat diterapkan dalam kehiddupan sehari-hari,yaitu suatu prilaku yang diharapkan mampu membentuk iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa dalam kehidupan bermasyarakat dimana didalamnya terdiri dari berbagai golongan agama,prilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradap,prilaku kebudayaan,dan beraneka ragam serta kepentingan bersama diatas kepentingan perorangan.

Dengan adanya pendidikan pancasila diharapkan agar generasi muda tidak tercabut dari akar kebudayaanya sendiri dan agar mereka memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan makna serta nilai-nilai pancasila.

Kita sebagai penerus bangsa yang diharapkan negara sebagai generasi muda yng diharapkan mampu menanamkan makna serta nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.Dengan adanya pendidikan pancasila ini,generasi muda diharapkan menjadi generasi yang baik dan memiliki pembentukan karakter yang tindak hanya unggul melainkan juga memiliki / mempunyai akhlak yang baik.

Bukan hanya untuk generasi muda tetapi pancasila diharapkan mampu menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat islam,baik dalam bermasyarakat,bernegara maupun berbangsa.Sehingga dalam sosialisasi antar sesama manusia baik dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara harus dilandasi oleh pancasila,baik itu yang berkaitan dengan sosial,budaya,ekonomi dan lain-lainya.sehingga kita sebagai generasi muda  yang diharapkan tidak melenceng atau sesuai dari aturan yang telah ditetapkan sesuai dengan pancasila.

Tugas kita sebagai generasi muda untuk tetap mempertahankan pancasila sebagai dasar negara yaitu kita harus tetap menjaga dan mengamalkan seluruh nilai-nilai pancasila yang terdapat pada isi dari pancasila itu baik dalam kehidupan pribadi ataupun dalam kehidupan bermasyarakat.Dan sebagai genersi muda kita harus melaksanakan nilai pancasila,diantaranya sikap yang bisa dilakukan oleh generasi muda yaitu toleransi terhadap agama lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan