Mohon tunggu...
Nopy Widian
Nopy Widian Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA di SMP Islam Terpadu Al Anwar Modopuro Mojosari Mojokerto Jawa Timur

Saya seorang guru yang memiliki hobi memasak, berkebun dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Merokok dan Kesehatan

2 Desember 2023   15:20 Diperbarui: 2 Desember 2023   16:08 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENDAHULUAN

 

Pendidikan  ialah  salah  satu  aspek  yang  sangat  mendasar  untuk  memajukan  suatu negara. Baik atau bruruknya Kualitas Pendidikan menjadi standar keberhasilan dari suatu negara dalam menjalankan pemerintahannya. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas Pendidikan  suatu  negara  diantarnya  faktor  kurikulum,  pendidik,  fasilitas,dan  sumber belajar.  Pendidik  memiliki  kontribusi  penting  dalam  peningkatan  kualitas  pembelajaran didalam  kelas.  Pendidik  dapat  melakukan  pembelajaran  yang  mengutamakan  peserta didik sebagai pusat pembelajaran.

Pendidikan   Indonesia   tidak   bisa   berkembang   dikarenakan   guru   menggunakan metode  yang  cenderung  monoton  dan  tidak  meningkatkan  ketrampilan  berpikir  kritis siwa. Menurut  pernyataan Kusumaningtias (2013). beliau menerangkan  jika rekonstruksi  mutu  pembelajaran    mampu  melaksanakan    perbaikan    sistem  yang  dilakukan  oleh  guru dalam  membimbing,   dalam   cara   belajar      mengajar,   salah   satunya   ditempuh   dengan perbaikan  sistem yang  dilaksankan oleh guru dalam membimbing. pemakaian cara  yang pas  mampu  menaikkan  kemampuan    serta  efektivitas  dalam  metode  berlatih  mengajar. bukti  yang  banyak  ditemukan  metode  membimbing  guru  yang  kurang  berbagai  macam dan cendurung monoton, rata-rata guru memakai sistem ceramah serta tanya jawab. tidak cuma itu, guru belum menggunakan keahlian yang dipunyai murid secara maksimal.

Model    pembelajaran   sangat    beragam    untuk   memperbaiki    kualitas, menurut  pandangan    Ejin  (2016)  beliau  menyatakan  bahwa  Guru  perlu  bisa  mengganti  kebiasaan dan membuat inovasi terkini dalam pembelajaran. Mengganti Kelaziman yang sebelumnya murid yang cuma memeroleh teori  dari guru, kini guru menginovasi dengan membimbing murid dalam tim  guna  memahami konsep  dengan cara mendasar. Salah satu inovasi itu ialah memakai    pembelajaran    yang    sistem    terpusat    pada    kegiatan    siswa    dalam pembelajaran   yang   berhubungan   dengan   kemampuan   berpikir   kritis   karena   system pemecahan masalahan.

Pembelajaran   PBL   merupakan   pembelajaran   yang   sesuai   guna   melatih   siswa berpikir  kritis  sebab  siswa  bisa  merumuskan  permasalahan,  menganalisis,  mengevaluasi buat mencari pemecahan dari kasus. Susanti, A. dan Suwu, S. E. (2016) beliau melaporkan kalau PBL merupakan pendidikan bisa meningkatkan keahlian berpikir kritis siswa, lewat bertanya  serta  menanggapi  persoalan,  menganalisis  dan  membongkar  kasus  baik  secara kelompok ataupun individu. Sebaliknya Hmelo-Silver& Barrows (2006) melaporkan kalau   permasalahan   yang   mencuat   dalam   pendidikan   melalui   pemecahan   masalah merupakan soal-soal yang diberikan tidak mempunyai jawaban yang tunggal, maksudnya siswa    wajib    ikut    serta    dalam    eksplorasi    dengan    sebagian    pemecahan    jawaban. Keterlibatan   siswa   dalam   aktivitas   pendidikan   menggunakan   model   tersebut   bisa membantu  meningkatkan  keahlian  berpikir  kritis  siswa,  sebab  pada  aktivitas  pemecahan masalah  yang  diberikan  dan  siswa  ikutserta  penuh  dalam  aktivitas  proses  pendidikan lewat  pemecahan  permasalahan  di  sekolah.  Pada aktivitas  menggunakan  pemecahan masalah  atau  PBL  siswa  bisa  meningkatkan  keterampilan  berpikir  kritis  selaku  langkah dalam menuntaskan  permasalahan  dan  sanggup  mengambil  kesimpulan  bersumber  pada apa yang mereka pahami.

Jadi model PBL adalah versi perolehan pengetahuan yang memusatkan kegiatannya pada siswa dengan memprioritaskan masalah dalam bentuk fenomena di sekitarnya untuk referensi  manfaat  pengetahuan  dan  gagasan  melalui  kemampuan  berpikir  kritis  dalam memperbaiki masalah.

Model pembelajaran  melalui  pemecahan  masalah  bisa  melatih  berpikir  kritis,  Bagi Van  Gelde (2005)  dan  Willingham (2007)  mereka  berpendapat  jika  pemikiran  kritis merupakan keahlian serta kecenderungan seorang guna  menciptakan serta melaksanakan asesmen   terhadap   kesimpulan   yang   didasarkan   pada   data   bukti   dalam   Eggen   serta Kauchak,   (2012).   Maulana (2008)   melaporkan   jika, seorang   bisa   mengendalikan membiasakan,   mengganti,   ataupun   membetulkan   pikirannya   karena   peran   berpikir kritisnya, sehingga ia bisa mengambil keputusan untuk berperan lebih tepat. Bersumber    pendapat    diatas,    maka    berpikir    kritis    merupakan   ketrampilan   dalam menafsirkan    suatu    permasalahan    melalui    proses    merencanakan    solusi,    menarik kesimpulan, mengevaluasi  pada  penyelesaian  masalah.  Beberapa  proses  tersebut  ialah mempengaruhi keahlian dalam berpikir kritis.

PEMBAHASAN

Untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, maka penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi "Merokok dan Kesehatan" bisa menjadi salah satu alternatif solusi untuk menyelesaikan rendahnya keterampilan berfikir kritis peserta didik di dalam pembelajaran. Adapun tahapan-tahapan pembelajaran yang dilaksanakan meliputi:

KEGIATAN PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun