Mohon tunggu...
Hans Binoni
Hans Binoni Mohon Tunggu... Seputar Kelautan dan Perkapalan

Mengulas informasi kejadian - kejadian kemaritiman di seluruh dunia

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Kapal Indonesia "Tanto Bersinar" Tabrakan

25 Januari 2021   05:28 Diperbarui: 25 Januari 2021   05:29 143 1 1 Mohon Tunggu...

Kapal Kontainer TANTO BERSINAR bertabrakan dengan kapal tunda tongkang tongkang tongkang MITRA JAYA XIX, di lepas pelabuhan Gresik di area pelabuhan luar, laut Jawa, Surabaya. TANTO BERSINAR  dikembalikan ke Gresik dan berlabuh di jangkar pelabuhan bagian dalam.

Kecelakaan itu terjadi pada Sabtu pagi pukul 03.15 WIB, di area Buoy 3 sebelah barat Cruise Line di Surabaya, perairan Gresik. Kecelakaan tersebut melibatkan 3 kapal, yaitu kapal kargo KM Tanto Bersinar yang baru saja berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, dan Kapal Tunda Mitra Jaya XIX (TB) yang sedang menarik tongkang BG Makmur Abadi 5 yang memuat minyak sawit. yang berlayar dari Pelabuhan. Sungai Putih, Kalimantan Selatan, Tujuan Pelabuhan Gresik. 

Kapal kargo KM Tanto Bersinar mendapat informasi tidak mengalami kerusakan. Namun TB Mitra Jaya bersama 8 awaknya hilang kontak setelah tabrakan tersebut. Sedangkan 3 anak buah kapal berhasil diselamatkan oleh nelayan. Sedangkan tongkang BG Makmur Abadi mengalami kemiringan dan kebocoran. 2 kru BG Makmur Abadi berhasil diselamatkan. Saat ini bersama aparat gabungan TNI AL, Basarnas, Kesyahbandaran, KPLP, dan unsur maritim lainnya masih mencari 5 korban hilang tersebut. 

Selain itu juga mengupayakan agar kebocoran kapal tongkang BG Makmur Abadi akibat kecelakaan tidak menimbulkan pencemaran laut

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x