Mohon tunggu...
Hans Binoni
Hans Binoni Mohon Tunggu... Seputar Kelautan dan Perkapalan

Mengulas informasi kejadian - kejadian kemaritiman di seluruh dunia

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Kapal Kontainer One Apus Kehilangan Kontainer dalam Jumlah "Signifikan" di Laut Pasifik

2 Desember 2020   03:45 Diperbarui: 2 Desember 2020   04:08 353 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapal Kontainer One Apus Kehilangan Kontainer dalam Jumlah "Signifikan" di Laut Pasifik
maritimebulletin.net

30 Nov 2020 : Kapal kontainer ONE APUS hilang hingga 50 kontainer di Pasifik Utara barat sekitar 1.600 mil laut barat laut Hawaii, di sekitar 33 15N 172 35E pada malam 30 Nov 2020. 

NYK Shipmanagement Pte Ltd sebagai manajer kapal kontainer ONE Apus (IMO 9806079) dengan menyesal melaporkan bahwa peti kemas hilang di laut selama cuaca buruk pada Senin malam (30 November) saat kapal sedang dalam perjalanan dari Yantian, Cina ke Long Beach, California. 

Selama perjalanan, kapal menghadapi badai yang menghasilkan angin kencang dan gelombang besar, menyebabkan kapal berguling dengan berat dan mengakibatkan kontainer terlepas dan jatuh ke laut. Nakhoda mengalihkan arah kapal untuk memastikan keselamatan awak kapal dan kapal yang sedang berlangsung sampai kondisi mereda.

ONE Apus adalah Kapal kontainer yang berukuran dan bermuatan 14.000 TEU yang dibangun pada tahun 2019 dengan panjang 364 meter dan berlayar di bawah bendera Jepang. Kapal tersebut beroperasi pada Layanan Far East Pacific 2 (FP2) Ocean Network Express.

"Pemberitahuan mengenai kejadian tersebut telah dikirim ke USCG di Honolulu dan Manajemen Kapal NYK sedang berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menemukan pelabuhan perlindungan bagi kapal untuk menilai kerusakan dan menentukan jumlah kontainer yang hilang." Menurut pernyataan dari Manajemen Kapal NYK

Investigasi penuh akan dilakukan terhadap insiden ini sehubungan dengan Negara Bendera dan otoritas maritim terkait. Informasi lebih lanjut akan diberikan lebih lanjut bila tersedia. Kapal Kontainer Ultra Besar dilaporkan kehilangan hingga 50, mungkin lebih, kontainer, di Pasifik Utara, pada malam hari tanggal 30 November 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x