Mohon tunggu...
Nofita Dhea Saputra
Nofita Dhea Saputra Mohon Tunggu... TIDAK ADA YANG SULIT

Nama saya Nofita Dhea Saputra , mengapa saya bergabung dengan KOMPASIANA karna saya ingin mempelajari tentang Blog

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Konsep Dasar dalam Berdakwah dengan Kesabaran kepada Masyarakat

19 Oktober 2019   06:58 Diperbarui: 19 Oktober 2019   07:17 0 0 0 Mohon Tunggu...

Konsep dasar dakwah, sebelum kita melanjutkn tentang apakah sebenarnya konsep dasar dakwah perlu kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan dakwah itu sendiri. Dakwah merupakan suatu penyampaian pesan kepada masyarakat agar mereka tetap dalam pada jalan kebenaran dan pada hakekatnya sesungguhnya hanya kepada Allah swt. lah yang mereka sembah dan tempat memohon.

Dalam berdakwah, dakwah merupakan hukum fardhu 'ain yang mana para muslim dapat berdakwah sesuai dengan apa yang sudah mereka ketahui dari apa yang sudah mereka pelajari. Dalam berdakwah memiliki 2 cara yaitu :
a. Secara teratur, dan
b. Secara terpogram.

Dalam berdakwah para dai juga dapat menyampaikan dakwahnya melalui 3 bagian dalam Islam yakni :
a. Hikmah atau bijaksana, hal ini dilakukan karena seorang dai juga harus memiliki ilmu agar yang disampaikan kepada jamaah dapat diterima dengan jelas.

b. Mauidzah hasanah, yakni bgaiamana para dai dalam bertutur kata terhadap ilmu dan nasehatnya saat menyampaikan dakwahnya .

c. Berdiskusi, hal ini dilakukan agar apa yang kita lakukan terhadap perkembangan ilmu pengetahua dan teknologi dapat diseimbangka dengan ajaran-ajaran Rasulullah saw. yang mana hal itu juga merupakan perintah dari Allah swt.

Dakwah juga memiliki beberapa jenis, dalam jenis dakwah dapat terbagi sebagai berikut yaitu :

1. Dakwah Fardiah.
Dakwah ini dilakukan hanya kepada 1 orang saja yang bersifat seperti menasehati sesama saudara muslim untuk mengingatkan tentang pentingnya sholat 5 waktu.

2. Dakwah Ammah.
Dakwah ammah merupakan salah satu dakwah yang mana jenis dakwah ini dilakukan kepada banyak orang atau jamaah seperti halnya khutbah jumat yang dilakukan kepada para jema'ah jum'at di masjid.

3. Dakwah Bil Lisan yang bersifat Tabligh.
Dakwah ini merupakan salah satu metode dakwah yang mudah dilakukan namun juga perlu diingat kita menyampaikan dakwah juga harus diiringi oleh ilmu pengetahuan agar apa yag kita sampaiakan tidak salah arah.

4.Dakwah Bil Hadi
Dakwah ini merupakan salah satu dakwah yang mana dakwah ini diakukan sesuai dengan apa yang sudah ia perbuat.

Adapun keutamaan-keutamaan dalam dakwah yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x