Mohon tunggu...
Noenky Nurhayati
Noenky Nurhayati Mohon Tunggu... Guru - Kepala sekolah, Pendongeng, Guru Dan trainer guru

Saya adalah seorang penulis lepas, teacher trainer, MC, pendongeng dan kepala sekolah yang senang mengajar Karena memulai Dunia pendidikan dengan mengajar mulai dari Play group TK SD hingga SMP. Sampai sekarang ini. Saya masih aktif mengajar disekolah SD N BARU RANJI dan SMP PGRI 1 Ranji , Merbau Mataram. Lampung Selatan. LAMPUNG. Saya juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantarainya Kepala sekolah TK terbaik Se Kabupaten Bekasi, Kepala Sekolah Ramah Anak Se Kabupaten Bekasi, Beasiswa Jambore Literasi Bandar Lampung Tahun 2023 dan Beasiswa Microcredential LPDP PAUD dari Kemendiknas tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Melestarikan Minat Membaca dan Bercerita Sejak Dini

7 November 2023   10:15 Diperbarui: 8 November 2023   00:01 610
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cara agar anak cepat membaca lainnya adalah dengan memintanya membaca daalam kerangka waktu yang ditentukan.(UNSPLASH/JERRY WANG)

Perkembangan teknologi dan ilmu komputer yang semakin masif semakin menggeser minat anak-anak dalam membaca buku. Hal ini semakin mempengaruhi daya baca anak-anak yang semakin berkurang. 

Kurangnya minat membaca buku pada akhirnya akan berpengaruh pula terhadap kecakapan dalam mengerjakan soal-soal dan latihan di sekolahnya. Hal ini sangat mempengaruhi minat anak dalam membaca. 

Bagaimana tidak, sajian konten melalui gadget atau gawai hanya melulu berisi hiburan yang justru tidak berisi muatan ilmu selain kesenangan pada tampilan dan latarnya saja.

Seharusnya, kegemaran dalam membaca harus dibangun atau dibentuk sejak dini. Artinya ketika masih dalam usia dini, anak-anak sudah diperkenalkan untuk membaca. Karena dengan membaca, kemampuan literasi bisa lebih terbangun dengan baik. Membaca akan menambah wawasan kita agar lebih luas dan dapat berbagi ilmu dengan orang lain. Tentu hal ini akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain untuk ke depannya.

noenky pribadi
noenky pribadi

Berbeda dengan kelompok masyarakat yang minat bacanya masih belum dibentuk dan dikembangkan. Pada masyarakat ini biasanya kehidupannya masih lebih senang untuk jalan-jalan, bermain, atau santai, dan melakukan sesuatu yang disenanginya.

Ada beberapa hal yang juga ikut mempengaruhi kurangnya minat baca masyarakat pada umumnya seperti:

  • Perilaku masyarakat yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya
  • Intensitas kegiatan sehari-hari
  • Kondisi sosial ekonomi yang pas-pasan sehingga fokus perhatiannya lebih tercurah tentang bagaimana memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.

noenky pribadi
noenky pribadi

Karenanya gagasan pembentukan rumah baca dan taman bacaan serta bentuk komunitas baca lainnya yang semakin marak pada saat ini seharusnya mendapat perhatian lebih dari pemerintah. 

Hal ini tentu saja untuk mendukung kelestarian minat baca dan bercerita pada anak-anak yang pada akhirnya akan mendukung pula program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun