Mohon tunggu...
Noval Kurniadi
Noval Kurniadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Speaking makes words, writing makes wor(l)ds

Passion is the fashion for ur ACTION. Passion without action is NO MENTION! | Kontributor wikipedia | www.valandstories.com | Novalku@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Memenuhi Target di Bulan Ramadan, dari Khatam Quran hingga Ikut THR Kompasiana

17 Mei 2018   00:05 Diperbarui: 17 Mei 2018   00:05 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(dok. tribunnews.com)

Banyak orang bilang bahwa saat bulan puasa tiba, sebenarnya Allah  lagi ngasih-ngasih diskon kepadanya. Hal itu dikarenakan pahala yang  Allah kasih di bulan Ramadan lebih banyak ketimbang bulan biasa. Selain  itu bulan Ramadan juga adalah bulan yang penuh berkah. Biasanya rejeki  akan lebih lancar di

Oleh karena itu sebagian kaum muslim  memberikan target pada apa yang mereka capai selama bulan Ramadan.  Bagaimanapun mereka tidak ingin rugi karena Ramadan hanya datang sekali  dalam waktu 12 bulan. Tak terkecuali dengan saya. Saya pun memiliki target yang ingin saya capai selama  bulan Ramadan. Seperti apa sajakah itu? Checkthisout!

1. Khatamin Quran!

Di  bulan Ramadan kali ini saya pengen banget mengkhatamkan Al-Quran.  Sebenarnya saya sudah pernah khatam Quran. Namun itu terjadi sudah lama  sekali, yakni saat saya masih duduk di bangku SMP. Setelah itu belum  pernah khatam lagi. Sebenarnya setiap kali bulan puasa pasti saya  mengisi waktu luang dengan membaca Quran. Namun pasti deh enggak sampai  khatam. Maklum godaannya banyak. Oleh karena itu begitu bulan Ramadan  tiba saya ingin memperbaiki diri dengan lebih giat membaca Quran. 

Enggak  usah banyak-banyak sih, targetnya saya khatam sekali baca Quran di  bulan puasa. Selain mendapatkan pahala lebih, membaca Quran juga salah  satu amalan baik karena Quran dapat memberikan syafaat saat kita  meninggal dunia nanti. Ke depannya pasti akan ada banyak tantangan dan  godaan yang menghadang. Maka dari itu doain ya semoga saya bisa  istiqomah dan konsiten!

2. I'tikaf

Sejak  beberapa tahun belakangan saya kepikiran untuk melakukan i'tikaf pada  10 hari terakhir di bulan Ramadan. Enggak nargetin banyak-banyak sih.  Minimal satu hari aja deh. Namun setiap kali Ramadan tiba, keinginan itu  tidak pernah terwujud. Saya tidak pernah merealisasikannya.

Maka  dari itu begitu Ramadan tahun ini tiba, saya ingin mewujudkan keinginan  tersebut. Ketimbang masjid di dekat rumah, saya lebih tertarik untuk  melakukannya di masjid yang jaraknya lebih jauh, seperti Masjid Istiqlal  dan Masjid Pondok Indah. Saya ingin merasakan pengalaman seperti apa  sih rasanya bermalam di masjid dan kemudian melakukan amalan-amalan  baik. Pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

3. Ngabuburit di tempat yang belum pernah dikunjungi

Salah  satu tradisi yang tak bisa dilepaskan dari bulan puasa adalah  ngabuburit alias mengisi waktu luang menjelang waktu berbuka. Biasanya  sih saya ngabuburit di mall  bareng teman-teman kemudian bukber. Namun  pengen deh kali ini sesekali ngabuburit di tempat yang belum pernah saya  kunjungi.

Enggak usah jauh-jauh sih, di Jakarta aja cukup namun  sebisa mungkin bukan di dalam mal. Tahun lalu saya sempat ngabuburit di  Cirebon lewat Kompasiana blogtrip dan ngabuburit di RPTRA Kalijodo. Kali  ini saya ingin memperluas daftar tempat ngabuburit yang pernah saya  lakukan. Entah di Kota Tua, Monas ataupun lainnya, yang jelas saya ingin  Ramadan kali ini menyisakan cerita berupa ngabuburit di tempat yang  baru dan berbeda!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun