Pada awalnya brand Yves Rocher merupakan sebuah usaha keluarga yang didirikan oleh seorang pria bernama Yves Rocher pada tahun 1959 di desa La Gacilly, Bretagne, Prancis. Beliau merupakan sesosok pria yang memiliki pandangan visioner serta kayakinan besar terhadap kekuatan alam dan tumbuhan. Berkat kerja kerasnya dalam melakukan penelitian dan observasi, maka terbentuklah sebuah brand kecantikan dengan visi untuk terus berkomitmen memberikan perawatan kecantikan dengan kualitas terbaik namun pada saat yang bersamaan juga tetap menghargai serta bertanggungjawab atas keberlangsungan alam dan lingkungan.
Yves Rocher yang berpusat di Prancis, kini terus berkembang pesat menjadi perusahaan yang besar dan berdiri di banyak negara hingga dijuluki sebagai "Creator of Botanical Beauty" sehingga mengukuhkan brand ini sebagai pelopor terciptanya perawatan kecantikan dengan formula alami dan mengandung 100% bahan aktif botanical. Hingga saat ini, brand Yves Rocher terus begerak cepat melangkah ke depan dibawah kepemimpinan cucunya yang bernama Brics Rocher. Selama lebih dari 65 tahun, Yves Rocher telah berkomitmen untuk menghadirkan kecantikan yang tidak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan. Alam bukan hanya sebagai sumber inspirasi, namun juga menjadi solusi bagi setiap tantangan kecantikan yang dihadirkan oleh Yves Rocher.
Yves Rocher telah membuktikan hal ini melalui setiap produknya yang mengandung formula alami, tapi tidak sama sekali mengurangi efektivitas dari setiap produk kecantikannya. Yves Rocher juga mengandalkan formula alami dengan kandungan 100% bahan aktif botanikal pada tiap-tiap produknya, sehingga para pengguna tidak perlu merasa khawatir terkait keamanan dalam penggunaan produk Yves Rocher baik pada kulit dan lingkungan. Di Indonesia, Yves Rocher telah memberi warna tersendiri pada persaingan pasar skincare atau perawatan kulit. Ada lebih dari 19 boutiq store yang tersebar di seluruh Indonesia dan senantiasa selalu siap dalam memberikan pelayanan serta edukasi kepada customer untuk lebih peduli terhadap perawatan tubuh dan kelestarian lingkungan.
Sebagai Derma Botanical Beauty, Yves Rocher merupakan ahlinya dalam inovasi perawatan tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan menggunakan kandungan bahan aktif yang sudah teruji secara klinis dan berasal dari tumbuhan/botanikal. Beberapa hal yang menguatkan komitmen tersebut adalah tidak terdapat kandungan bahan kimia berbahaya pada komposisi produk seperti  SLS (Sodium Lauryl Sulfate), Silicon, Paraben, dan SLES (Sodium Lauryl Ether Sulfate) pada semua produk Yves Rocher termasuk sampo, shower gel, skincare, dan produk Yves Rocher lainnya. Yves Rocher tidak hanya fokus pada formula alami pada produknya, tetapi juga sangat memperhatikan dampak kemasan yang digunakan pada setiap produk. Semua kemasan dari Yves Rocher berasal dari limbah plastik yang kemudian diolah menjadi kemasan ramah lingkungan agar dapat didaur ulang oleh alam. Sehingga hal ini sejalan dengan visi Yves Rocher untuk mendukung kelestarian lingkungan.
Dengan mengusung slogan Act Beautiful, Yves Rocher tidak hanya menegaskan komitmennya terhadap penggunaan bahan alami dalam produknya, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pelestarian lingkungan. Selain fokus pada sektor kecantikan, Yves Rocher juga mendirikan Yves Rocher Foundation yang berfokus pada konservasi keanekaragaman pohon serta mendukung upaya pemberdayaan perempuan dalam pelestarian lingkungan. Melalui kemitraannya dengan Institut de France, Yves Rocher berupaya menanam 100 juta pohon dan memberikan penghargaan kepada perempuan melalui dukungannya terhadap program Terre de Femmes.
Yves Rocher telah konsisten untuk terus berkembang selama lebih dari 65 tahun dengan tetap mempertahankan nilai dan prinsip yang sama hingga saat ini. Yakni perawatan kecantikan yang berbanding lurus dengan kelestarian lingkungan. Lantas, apa yang menahan anda untuk memulai perubahan kecil berdampak besar bagi lingkungan? Ayo, wujudkan perubahan itu mulai dari diri sendiri dengan cerdas memilih produk yang anda gunakan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI