Mohon tunggu...
niti negoro57
niti negoro57 Mohon Tunggu... Wiraswasta - Guru Ndeso

Seneng ngulik sesuatu yang asing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sosialisasi Kesehatan 360 Derajat: Peran Holistik Puskesmas dalam Dunia Pendidikan

20 November 2023   13:09 Diperbarui: 20 November 2023   13:17 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber : smk10semarang.sch.id)

Kesehatan merupakan aspek penting dalam kesejahteraan manusia dan tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Menyadari pentingnya perspektif holistik terhadap kesehatan, Puskesmas telah muncul sebagai pemain kunci dalam revolusi ``sosialisasi kesehatan 360 derajat''. Dalam tulisan kali ini saya akan mengkaji peran holistik puskesmas dalam inisiasi dan implementasi program  kesehatan di lembaga pendidikan dan memberikan pendekatan yang mempertimbangkan aspek kesehatan fisik, mental, dan sosial. 

Peran Puskesmas secara Komprehensif

Puskesmas mempunyai peranan yang komprehensif dan bukan sekedar pusat pelayanan medis. Puskesmas merupakan mitra utama dalam pembentukan kebiasaan hidup sehat dan terlibat dalam berbagai kegiatan  di sekolah

Puskesmas memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara gizi, aktivitas fisik, dan kesehatan mental melalui penyuluhan dan workshop. Selain itu, Puskesmas juga turut memastikan bahwa program kesehatan sekolah mencakup deteksi dini berbagai masalah kesehatan. Melalui pemeriksaan rutin dan program vaksinasi, Puskesmas mendukung upaya identifikasi dini penyakit menular dan non-menular, memungkinkan intervensi sejak dini dan pencegahan yang lebih efektif. 

Pentingnya pendekatan holistik terlihat pula dalam kolaborasi Puskesmas dengan pihak pendidik. Bersama-sama, mereka merancang kurikulum kesehatan yang komprehensif, mengintegrasikan pembelajaran tentang kesehatan ke dalam kurikulum sekolah. Inisiatif ini membantu membentuk lingkungan pembelajaran yang mendukung gaya hidup sehat dan memberikan pemahaman yang dapat diterapkan sepanjang kehidupan. 

1. Penyuluhan Kesehatan

Puskesmas terlibat aktif  dalam menyelenggarakan program pendidikan kesehatan di sekolah. Nasihat ini mencakup berbagai topik termasuk nutrisi seimbang, pola makan sehat, pentingnya olahraga, manajemen stres, dan kesehatan mental. Tujuannya adalah untuk memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana mereka dapat mengelola kesehatan mereka.

2. Program Deteksi Dini

Puskesmas berperan dalam melaksanakan program deteksi dini di lingkungan sekolah. Hal ini mencakup pemeriksaan kesehatan rutin, imunisasi, dan pemantauan  kesehatan siswa secara berkala. Dengan deteksi dini, masalah kesehatan, baik yang menular maupun non-menular, dapat diidentifikasi lebih awal, memungkinkan tindakan preventif dan intervensi yang lebih efektif.

3. Kolaborasi dengan Tenaga Pendidik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun