Mohon tunggu...
Nita Kris Noer
Nita Kris Noer Mohon Tunggu... belajar berbagi dan belajar memberi manfaat

-semua karena anugerah-Nya-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Relaksasi dengan Melihat Pemandangan Pepohonan Hijau, Self Reward yang Sehat dan Mantul

7 Maret 2021   16:00 Diperbarui: 7 Maret 2021   17:53 334 37 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Relaksasi dengan Melihat Pemandangan Pepohonan Hijau, Self Reward yang Sehat dan Mantul
Area pepohonan hijau di sekitar Kopeng Salatiga/Dokumentasi Pribadi

"Pekerjaan tidak akan pernah habis, dia akan selalu ada dan terus akan ada, maka tekanlah tombol 'rem' sejenak untuk menepi dan mengisi energi Anda lagi. Ini adalah salah satu upaya memberikan self reward."

Self reward adalah sebuah upaya memberikan kebahagiaan (kesenangan) untuk diri kita sendiri melalui aktivitas-aktivitas menyenangkan sebagai penghargaan terhadap diri sendiri. Karena ukurannya adalah kesenangan diri sendiri, maka ini bersifat subyektif. Tiap orang memiliki cara yang berbeda.

Ada sebuah aktivitas sebagai contoh self reward yang murah meriah, tidak perlu budget yang besar dan memberikan efek self-healing kepada tubuh serta jiwa yang penat.

Aktivitas sederhana itu adalah relaksasi dengan menikmati pemandangan pepohonan hijau, seperti di hutan, di sawah, atau area-area dengan pemandangan alam hijau lainnya.

Beberapa filsuf terkenal seperti Aristoteles dan Plato mendapatkan buah pemikiran terbaiknya pada saat berada di area kebun pohon zaitun, Sang Budha mendapatkan pencerahan saat berada dalam naungan Pohon Bodhi. 

Bukanlah suatu kebetulan bila ketiga tokoh besar tersebut mendapatkan hal terbaik justru dari alam berupa pepohonan hijau yang ada di sekitarnya.

David Hurst menegaskan bahwa melihat, merasakan, serta menikmati kesejukan alam akan memberi efek self-healing pada sesorang. Warna hijau memang memiliki efek penyembuhan. 

Dalam dunia biologi, klorofil (zat hijau daun) merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses fotosintesa tumbuhan yang menghasilkan O2 pada siang hari. Maka ketika kita berada di daerah pepohonan rimbun di siang hari, kita pun akan ikut merasakan berlimpahnya oksigen yang dihasilkan. Oksigen tersebut kemudian menjadi sumber energi yang menyegarkan kita.

Pepohonan rimbun yang menyegarkan/Dokumentasi Pribadi
Pepohonan rimbun yang menyegarkan/Dokumentasi Pribadi
Alam memberikan efek kesembuhan. Pepohonan hijau merupakan salah satu komponen alam yang memberikan efek pemulihan. 

Coba bisa Anda buktikan, ketika mata kita lelah memandang layar komputer, atau layar handphone, mengalihkan pandangan pada tanaman-tanaman hijau yang ada di sekitar akan menimbulkan efek menyegarkan. Lelah seolah hilang tak berbekas.

Pekerjaan yang bertumpuk, terkadang membuat kita 'keras terhadap diri sendiri' bahkan stigma karusi menempel erat pada diri kita. Hal itu membuat kita memacu kencang kapasitas diri kita. Lantas karena dikejar dateline, target, kita akan memforsir diri kita dengan segala daya yang ada, sehingga kita bisa memenuhi target tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN