Mohon tunggu...
nisriin shabira
nisriin shabira Mohon Tunggu... Freelancer - a fresh graduate from Universiti Teknologi Malaysia

Love making crafts, cooking, baking, teaching, and currently trying to learn writing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenalkan Prinsip-Prinsip Engineering pada Anak Sejak Dini

2 Oktober 2022   12:29 Diperbarui: 5 Oktober 2022   10:50 179 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya berpikir keras untuk mendapatkan sebutan profesi engineer dalam Bahasa Indonesia. Jika diartikan di dalam kamus Inggris-Indonesia, “engineer” adalah “insinyur”. Tapi sudah sangat jarang kata “insinyur” terdengar pada saat ini, terlebih sebagai sebutan profesi.

Pada masa kakek saya dulu, “insinyur” adalah sebutan atau gelar untuk seorang sarjana teknik (S.T. pada saat ini). Baiklah, pada artikel ini saya akan tetap menyebut profesi tersebut dalam Bahasa Inggris -- engineer.

Jika dipukul rata, hampir semua buatan manusia diciptakan oleh seorang engineer. Para engineer dan kemampuan mereka sangat diminati di banyak sektor, mulai dari manufaktur sampai industri keuangan. Seorang engineer sangat erat kaitannya dengan teknologi, yang mana selalu berkembang dari masa ke masa.

Oleh karena itu, mengenalkan prinsip-prinsip engineering pada anak sejak dini adalah suatu hal yang diperlukan. Mengenalkan prinsip-prinsip engineering yang saya maksud bukan berarti membebaskan anak untuk menikmati hasil karya dari para engineer seperti bermain gadget.

Akan tetapi, mengenalkan prinsip kepribadian yang ada pada diri seorang engineer, seperti seni pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi dengan orang lain, mengomunikasikan kebutuhan manusia, hingga bertahan melalui kegagalan juga merupakan kepribadian penting yang dapat dikembangkan.

anak-anak tidak perlu menunggu sampai menjadi sarjana untuk memulai menjelajahi profesi engineer sebagai jalur karier dan membangun kemampuan yang akan penting bagi masa depan mereka ini.

Berikut adalah beberapa poin untuk mengenalkan prinsip-prinsip engineering pada anak sejak dini;

1. Jelaskan pada mereka tentang apa itu engineer

Ketika kita menanyakan kepada siswa Sekolah Dasar perihal cita-cita mereka di masa depan, mereka ingin berprofesi menjadi apa, maka rata-rata mereka akan menjawab “aku mau jadi dokter, aku mau jadi pilot, aku mau jadi arsitek”, akan tetapi jarang sekali bahkan tidak ada yang menjawab “aku mau jadi seorang engineer”. 

Sebagai orangtua atau guru, sudah seyogyanya kita menjelaskan pada mereka bahwa terdapat sebuah profesi yang sangat berpengaruh di kehidupan kita, yang akan selalu menciptakan teknologi-teknologi terbaru untuk membuat kehidupan kita semakin mudah, dialah seorang engineer.

Engineer adalah seseorang yang merancang, membangun, memelihara mesin, struktur, bahkan lingkungan sekitar kita. Katakan pada mereka bahwa seorang dokter memerlukan teknologi untuk menyembuhkan pasien mereka, dan teknologi tersebut diciptakan oleh para engineer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan