Mohon tunggu...
NISAUL KHARIMAH
NISAUL KHARIMAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bagaimana Digitalisasi Ekonomi Meningkatkan Produktivitas Perekonomian?

25 Juni 2022   15:20 Diperbarui: 25 Juni 2022   15:36 525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam perkembangannya ekonomi sudah mengalami digitalisasi salah satunya dalam bidang bisnis, yaitu munculnya beragam marketplace yang sangat menarik minat masyarakat untuk ikut memanfaatkan layanannya tidak hanya pada marketplace tertentu tetapi juga beberapa media sosial sudah menyediakan fitur-fitur untuk melakukan jual beli. Hal ini tentunya sangat memudahkan masyarakat untuk menjangkau pasar yang lebih luas untuk mempromosikan produknya, bekerja sama dengan produk dari masyarakat lain, dan menemukan produk yang belum ada di daerahnya.

Digitalisasi ekonomi dalam bidang bisnis ini tentu membawa pengaruh terhadap perekonomian masyarakat, seperti pengaruh terhadap daya beli dan penjualan produk bagi masyarakat yang memiliki usaha. Adanya digitalisasi ini juga membawa pengaruh pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berada di daerah sehingga bisa mendorong pertumbuhannya.

Adanya banyak fitur dalam marketplace yang tersedia saat ini merupakan salah satu wadah yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk memasarkan dan menjual produknya, fitur tersebut tidak hanya sekedar untuk memposting barang lalu melakukan jual beli tetapi juga ada fitur lainnya seperti layanan jasa antar makanan yang tentunya memudahkan masyarakat yang memiliki usaha di bidang kuliner karena dengan adanya layanan tersebut produknya akan lebih mudah dikenal dan dijangkau oleh setiap masyarakat yang tidak hanya di lokasi terdekat tetapi juga di beberapa tempat lainnya. Fitur lain yang sangat memudahkan aktivitas dalam marketplace adalah adanya hubungan antara marketplace dengan dompet digital sehingga memudahkan para pengguna dalam bertransaksi.

Fitur jual beli yang tersedia dalam media sosial juga tidak kalah dengan beberapa marketplace. Dalam media sosial disediakan beberapa akses untuk melakukan promosi produk dan menawarkan relasi dari beberapa pelaku usaha lain. Fitur yang disediakan juga sangat memudahkan aktivitas transaksi seperti tidak menggunakan aplikasi perantara untuk melakukan pembayaran.

Digitalisasi ekonomi tidak hanya dalam bidang bisnis saja melainkan dalam bidang kesehatan dan transportasi. Digitalisasi ekonomi dalam kedua bidang ini juga telah mengalami perkembangan bersamaan dengan digitalisasi ekonomi dalam bidang bisnis. Hal ini terlihat dari munculnya beberapa aplikasi yang menyediakan layanan jasa transportasi dan kesehatan secara online.

Kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut juga mendapat perhatian banyak masyarakat Indonesia sehingga intensitas pemanfaatannya bisa dibilang tinggi. Sehingga hal ini mendukung perkembangan aplikasi tersebut sehingga bisa mendorong adanya produktivitas ekonomi di negara Indonesia.

Digitalisasi ekonomi di bidang transportasi di Indonesia sudah sangat akrab dengan masyarakat bahkan beberapa masyarakat mengandalkan jasa aplikasi ini untuk memenuhui kebutuhan mobilisasinya, hal ini tentu sangat memengaruhi pola hidup dari masyarakat dan menambah lapangan kerja, karena dengan banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap jasa layanan dari transportasi online ini maka penyedia jasa atau biasa disebut driver juga dibutuhkan tenaga yang banyak. Dalam aplikasi tranportasi online ini untuk menjadi penyedia jasa atau driver tidak dibutuhkan syarat yang sulit dan rumit seperti proses awal dari pekerjaan biasanya sehingga para pencari kerja lebih tertarik untuk menjadi driver karena upahnya juga menguntungkan. Sehingga bisa dikatakan adanya aplikasi penyedia jasa layanan transportasi online ini juga menjadi faktor dari tumbuhnya perekonomian Indonesia.

Tidak hanya digitalisasi ekonomi di bidang bisnis dan transportasi saja, digitalisasi ekonomi juga ada pada bidang kesehatan, dalam bidang ini disediakan layanan berupa konsultasi online sehingga masyarakat bisa melakukan konsultasi dengan dokter yang sedang dibutuhkan melalui chatting atau via aplikasi hal ini memudahkan keduanya untuk berinteraksi tanpa tatap muka sehingga bisa memperluas layanan kesehatan kepada setiap masyarakat.

Salah satu faktor yang mendorong tumbuhnya digitalisasi ekonomi di Indonesia adalah masyarakat Indonesia semakin adaptif dalam memanfaatkan teknologi sehingga mendukung adanya berbagai macam marketplace dan beberapa media sosial yang menyediakan akses jual beli, hal ini tentu akan lebih memperluas kesempatan dalam perdagangan dan lapangan pekerjaan.

Dilihat dari segi kemudahan yang ditawarkan dan intensitas pemanfaatannya digitalisasi ekonomi di bidang bisnis, transportasi, dan kesehatan sangat berpengaruh terhadap produktivitas perekonomian yang ada di Indonesia sehingga perkembangannya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun