Mohon tunggu...
Nisa NurulHayat
Nisa NurulHayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Administrasi Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia

Halo, saya adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Administrasi Pendidikan angkatan 2019. Salam kenal semuanya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Edukasi dan Penerapan Dasar Ilmu Tajwid pada Generasi Qur'ani di Madrasah Al-Muthola'ah Kelurahan Sukahaji, Bandung

19 Agustus 2022   08:16 Diperbarui: 19 Agustus 2022   08:22 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di tahun 2022 ini, Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN)  sistem Tematik dengan tema "SDG's Desa dan Rekognisi MKBKM -- Puspresnas Kemdikbudristek". Mahasiswa diberdayakan sebagai pemeran utama dalam pelaksanaan KKN tematik ini menjadi  sorotan penting dalam mewujudkan perubahan yang berarti dalam lingkup masyarakat. Kegiatan ini dimulai pada minggu kedua bulan Juli dan dijadwalkan berakhir pada minggu kedua bulan Agustus. Pelaksanaan program KKN di implementasikan dengan berbagai macam kegiatan mulai dari edukasi, pendampingan, pendataan, penyuluhan dan lain-lain menyesuaikan kebutuhan yang berlaku pada Desa/kelurahan yang dituju.

Kelompok kecil dari kelompok KKN UPI 47 yang di bimbing oleh Bu Vini Agustiani Hadian, S. Pd., M.Pd., melaksanakan program bertema Desa Peduli Pendidikan di kelurahan Sukahaji kec. Babakan Ciparay Bandung. Salah satunya pembelajaran mengenai Al-Quran di salah satu Madrasah yaitu madrasah Al-Muthola'ah. program ini di ambil atas pertimbangan setelah melihat kegiatan di lapangan yang dirasa masih perlu pembelajaran tambahan. Upaya ini dilakukan bertujuan untuk menjadikan generasi Qur'ani yang lebih baik dalam membaca Al-Qura'n dan mengetahui serta mengamalkan ilmu tajwid yang memang sudah seharusnya diketahui sebagai seorang muslim.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Selasa (19/6/2022), dilaksanakan pertemuan pertama sebagai perkenalan sebelum melakukan pembelajaran pada minggu-minggu berikutnya. Para guru pengejar mengenalkan kegiatan rutin yang dilakukan dari awal sampai akhir, mulai dari berdoa sebelum mengaji, setoran membaca Al-Quran masing-masing, pematerian, hafalan dan ditutup dengan doa kifaratul majlis sebelum pulang. Setelah selesai dilakukan diskusi mengenai rancangan materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya, dan alhamdulillah hal tersebut disetujui oleh para pengajar dan pemilik dari madrasah tersebut.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Pada pertemuan selanjutnya 90% kegiatan pembelajaran diambil alih oleh kelompok KKN, kami melakukan kegiatan rutin seperti biasa namun sedikit berbeda pada saat pematerian berlangsung. Materi yang disampaikan adalah mengenai dasar-dasar ilmu tajwid dan penerapan cara bacanya secara langsung pada Al-Qur'an. Dengan menggunakan metode pembelajaran aktif yang banyak melibatkan interaksi dengan siswa menjadikan pembelajaran lebih nyaman dan menyenangkan. Respon yang didapat ketika pembelajaran berlangsung sangat baik dan mereka dapat memahami materi dengan cepat. Hal ini dibuktikan dengan pengujian materi di akhir pertemuan tanpa perencanaan dengan sistem acak secara lisan.

Setelah rangkaian kegiatan program kerja selesai, kami berharap apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anak-anak madrasah Al-Muthola'ah dan mereka bisa lebih semangat lagi dalam mencari ilmu yang lebih banyak. Mari kita bersama-sama mewujudkan generasi Qur'ani sejak dini dan menciptakan anak bangsa yang luar biasa dengan berpegang teguh pada nilai-nilai agama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan