Mohon tunggu...
Nirmana Herbal
Nirmana Herbal Mohon Tunggu... NIRMANA MEDIA

NIRMANA HERBAL adalah perusahaan yang menjual obat herbal berkualitas tinggi, seperti : 1. SUPREMA : https://suprema-official.com/ 2. SUPREMA ULTRA : https://supremultra.com/ 3. VIVASLIM : https://vivaslim.co/ 4. ZAMOERAT : http://zamoerat.com/

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Tips Membangun Komunikasi dengan Istri

12 Maret 2020   14:25 Diperbarui: 12 Maret 2020   14:33 38 0 0 Mohon Tunggu...

1. BELAJAR UNTUK MENDENGARKAN

Kita memang mungkin sering mendengar pasangan kita berbicara setiap waktu, tapi seberapa sering kita benar-benar mendengarkan mereka? Mendengar dan mendengarkan adalah dua hal yang sangat berbeda. Jika kamu mendapatkan dirimu menahan amarah pada apa yang istrimu katakan, atau telah merencanakan apa yang ingin kamu katakan segera setelah istrimu selesai bicara, kamu tidak benar-benar mendengarkan apa yang istrimu katakan. Tips pertama untuk meningkatkan komunikasi dengan istrimu adalah mendengarkan apa yang istrimu katakan dengan hati-hati.

2. PIKIRKAN KATA-KATA YANG KAMU PILIH

Kata-kata yang kamu gunakan akan membuat perbedaan, pikirkan dengan hati-hati kata-kata yang kamu pilih ketika berbicara dengan istrimu. Tanyakan pada dirimu apakah apa yang akan kamu katakan akan membantu kamu menyampaikan apa yang kamu maksud atau hanya akan memanaskan diskusi dan hanya akan menyakiti perasaan pasanganmu saja. 

3. PAHAMI APA YANG KAMU DENGAR

Klarifikasi apa yang telah istrimu katakan kepadamu, khususnya jika kamu tidak yakin apakah kamu mengerti apa yang istrimu katakan padamu. GUnakan tips sederhana dengan menanyakan kembali apa yang telah istrimu katakan kepadamu seperti "jadi yang kamu maksud adalah ...." ulangi apa yang telah dia katakan dengan kata-katamu sendiri. Merasa didengar dan divalidasi merupakan hal yang menenangkan bagi siapapun, dan hal ini membantumu meningkatakn pemahaman satu sama lain.

4. TEMPATKAN DIRIMU PADA POSISINYA

Pikirkan apa yang istrimu katakan kepadamu, dan tanyakan bagaimana dia bisa merasakan hal tersebut atau tanyakan bagaimana perasaannya. Tempatkan dirimu di posisinya dan bayangkan bagaimana perasaannya sekarang. Bangun empati akan membantumu berkomunikasi dengan lebih baik. Dan meskipun kamu tidak mampu untuk memahami sudut pandangnya, percaya betapa frustasinya dia mungkin alasanya valid untuknya. Hargai perspektifnya bahkan jika kamu tidak bisa menyadarinya.

5. DESKRIPSIKAN PERASAAN MU

Saat kamu mengatakan apa yang kamu rasakan pastikan kamu mengatakannya secara spesifik. Deskripsikan dengan kata-kata yang mudah dimenegerti oleh pasanganmu. Jangan mengatakan suatu hal yang global sehingga membuat seseorang membuat persepsi lain yang berbeda dari yang kamu katakan.

6. JANGAN BERTERIAK!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x