Mohon tunggu...
Ninik Haryati
Ninik Haryati Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Menyukai konten edukasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1

7 November 2022   12:00 Diperbarui: 7 November 2022   14:03 4551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya Ninik Haryati,  Calon Guru Penggerak angkatan 7 dari provinsi Jawa Timur.

Perkenankan saya membagikan pengalaman saya ketika melakukan aksi nyata di sekolah saya yaitu di TKIT Permata Ummat Trenggalek.

Video Aksi Nyata Saya di channel Youtube   

 https://youtu.be/UsaGQhhpue0 


Berikut adalah Jurnal Refleksi Aksi Nyata Saya:

Aksi Nyata ini saya lakukan mulai tanggal 4 November 2022


  • FEELING

Sungguh bahagia bisa menjadi bagian dari pergerakan perubahan pendidikan di Indonesia dengan mengikuti program guru penggerak ini, karena dengan mengikuti program guru penggerak ini saya bisa belajar memahami bagaimana sejatinya melakukan pembelajaran dan pendidikan sebagaimana yang telah dikonsepkan oleh Ki Hajar Dewantara. Selama melakukan perubahan di kelas ada rasa bahagia yang saya rasakan. Pemahaman Ki Hajar Dewantara telah mengajarkan kepada saya bahwa saya sebagai pendidik harus memanusiakan anak didik, memberikan kemerdekaan kepada anak didik untuk belajar, memberikan kesempatan anak didik untuk menggali potensi mereka, untuk mengenali bakat dan minat mereka. Jadi inilah yang membuat saya bahagia.

  • IDE/GAGASAN

Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan yang saya lakukan begitu banyak. Setelah saya mempelajari pemahaman-pemahaman Ki Hajar Dewantara. Ide atau gagasan bagaimana saya harus menghadirkan pembelajaran yang berpihak pada anak, bagaimana saya harus menghadirkan pembelajaran yang menghamba pada anak, dan bagaimana saya harus menghadirkan pembelajaran yang menuntun kodrat anak, agar anak mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

  • PRAKTIK BAIK

Pembelajaran dan pengalaman selama saya melakukan aksi nyata ini merupakan praktik baik saya, yang telah saya lakukan dengan melakukan perubahan-perubahan pembelajaran berdasarkan konsep atau pemahaman dari Ki Hajar Dewantara dan ini begitu berdampak luar biasa kepada anak didik kita. Anak-anak menjadi bersemangat melakukan pembelajaran, anak-anak merasa bahagia dan anak-anak merasa nyaman dengan perubahan-perubahan yang saya lakukan. Anak-anak adalah subyek pendidikan. Mereka memiliki kemerdekaan untuk belajar, mereka memiliki kebebasan untuk menggali potensi mereka untuk mengenali bakat dan minat mereka sehingga benar-benar mereka dapat mencapai tujuan yang sebenarnya, yaitu mencapai keselamatan dan kebahagiaan bagi mereka untuk masa depan mereka.

  • PENERAPAN

Dalam melakukan aksi nyata ini saya susun rancangan sebagai berikut :

  • Perencanaan (Membuat RPP dan Alat Belajar)
  • Pelaksanaan /penerapan kepada anak-anak ketika melakukan pembelajaran mulai dari kedatangan anak sampai dengan kepulangan anak.
  • Refleksi terhadap diri saya. Saya membuat pertanyaan-pertanyaan terhadap proses pembelajaran yang telah saya lakukan. Apakah sudah berpihak pada anak, apakah sudah menghamba pada anak, apakah sudah mampu menuntun kodrat anak.
  • Refleksi ini tidak hanya saya lakukan sendiri, saya meminta teman sejawat untuk melakukan observasi terhadap pembelajaran yang saya lakukan. Dari catatan-catatan teman sejawat dan catatan-catatan yang saya lakukan kemudian saya menyusun rencana tidak lanjut saya untuk perbaikan-perbaikan dalam pembelajaran sehingga kedepannya saya berharap bahwa perubahan-perubahan yang saya lakukan adalah benar-benar nyata benar-benar perubahan-perubahan yang lebih baik lagi
  • TESTIMONI

Bagaimana pendapat rekan sejawat saya ketika saya melakukan perubahan-perubahan pembelajaran dalam aksi nyata saya, berikut adalah testimoninya.

“Aku nyata yang dilakukan oleh Bu Ninik ini sangat luar biasa ya.. beliau mengajar anak-anak seperti pemahaman Ki Hajar Dewantara dengan berpihak pada anak menghamba pada anak dan menuntun kodrat anak terlihat sekali anak-anak semakin antusias dalam belajar dan dengan itu anak-anak mampu mengeksplorasi diri sehingga bakat dan minatnya semakin berkembang lagi jadi kiranya apa yang sudah dilakukan oleh Bu Ninik ini dapat diterapkan juga oleh guru-guru yang lainnya di sekolah masing-masing sehingga program guru penggerak ini mampu membawa perubahan dalam dunia pendidikan”

“Alhamdulillah senang sekali dengan aks nyata yang dilakukan oleh Bu Ninik,  perubahan-perubahan yang dihadirkan dalam proses pembelajaran begitu sangat baik, sehingga anak-anak semangat dan bahagia mengikuti proses pembelajaran hari ini, salam guru penggerak”

Demikian tadi pengalaman aksi nyata yang telah saya lakukan di TK IT Permata umat Trenggalek semoga mampu menginspirasi dan bermanfaat bagi para guru-guru di Indonesia.

Tetap semangat.

Salam bahagia.

Salam guru penggerak.

Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun