Humaniora

Pengasuhan Anak di Bawah 4 Tahun

2 November 2018   08:03 Diperbarui: 2 November 2018   08:34 200 0 0

Anak adalah harta yang oaling di ttunggu tunggu oleh pasangan yang baru mebikah atau pun yang sudah lama menantikan si buah hati,  kelahirannya sangat di tunggu tunggu oleh orang tua dan juga keluarga. Di usia 1-4 tahun perlu perawatan dan pengasuhan yang sedemikian rupa agar bayi yang di rawat sehat ada beberapa cara yang bisa di lakukan.  Yaitu dengan yang pertama prosea kelahiran sekarang banyak yang menempuh jalur operasi cessar ada juga yang lebih memilih nelahirkan secara normal.  

Setelah si jabang bati itu lahir.  Usia 1-12 bulan.  Masih hati hati dalam pengasuhan nya si ibu harus belajar cara memandikan.  Mengganti popok.  Memakaikan pakaian,  cara menyusui,  dan juga cara menggendong di lakukan dengan sepenuh hati.  Karena anak adalah harta yabg paling berharga.     

Setelah anak ada pada usia 1-2 tahun.  Pola pengasuhannya juga sudah berbeda.  Anak sudah sedikit tahan dan tidak lemah. Ketahanan tubuh nya sudah mulai terasah dan juga sehat seperti bayi normal.  Biasanya memandikan nya dengan air hangat sabun merk bayi yang khusus untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi yang rawan.   Pakaian yang mengandung katun 100 persen di anjurkan karrna halus dan menjaga si bayi agar tetap hangat. Dari segi makanan pun juga harus di perhatikan.   

Bayi usia 1-2 tahun makanan sperti pisang bubur dan makanan yang bertekstur lembut menjadi anjuran agar usus si bayi dan organ perut si bayi menjadi tahan mulai di ajarkan makanan yang sedikit keras begitu.   Tidak lupa juga anak anak di ajarkan cara berbicara bahasa verbal maupun non verbal agar terasah otak nya supaya cepat pintar dalam berbicara kata kata yang masih sederhana.  Teruntuk yang beragama islam anak usia 1-4 tahun harus sering sering di lantunkan surah surah ayat suci alquran.  

Agar anak menjadi tenang dan damai.   Tak banyak anak anak yang menangis dan rewel.  Cara ampuh dalam menangani nya adalah membawa menggendong.  Mendengarkan musik di bawa jalan jalan.  Bahkan di ajak berenang.  Agar tidak terus terusan menabgis.  

Biasanya orang tua juga punya cara cara ampuh dalam mengatasinyam sesuai dengan kesenangan bayu itu sendiri.   Nah untuk bayi di atas 4 tahun lebih fleksibel dan. Mudah cara pengasuhan dan perawatannya.  Mendidik anak kuncinya adalah kesabaran dan ketlatenan agar mendidik anak menjadi seorang yang sukses. Itu semua ada perjuangan nya.   Tergantung orang tua mau jadi apa anaknya kelak.     

Terima kasih