Mohon tunggu...
Ninda Prastika
Ninda Prastika Mohon Tunggu...

Your word is your identity. Talk smart, add smile to every talk would do it better.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

10 Tips Terbaik untuk Promosi Online Shop

19 November 2014   20:53 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Untuk anda para pelaku bisnis online yang sering meratapi nasib mengapa bisnis tidak kunjung berkembang, inilah saatnya anda untuk bangkit. Anda tidak perlu meratapi halaman facebook, IG, website dan BBM karena tidak ada calon pembeli yang melakukan transaksi kepada anda. Mungkin kesalahan sepinya pembeli adalah kurangnya promosi yang anda lakukan. Anda sudah merasa menjual produk berkualitas dan harga miring namun belum meningkatkan penjualan. Sudah saatnya bangkit dan gencarkan promosi bisnis online anda. Berikut adalah 10 tips ampuh untuk media promosi toko online. Baca dan simak baik-baik!

1.Facebook

Ini nih, media sosial yang sangat banyak penggunanya. Anda dapat memanfaatkan facebook sebagai media untuk mempromosikan toko online anda. Postinglah produk-produk berkualitas di beranda facebook. Sertakan informasi yang lengkap tentang barang yang akan dijual. Jangan lupa sertakan harga dan kontak anda sebagai pemilik atau admin pengelola toko online untuk memudahkan calon pembeli bertanya-tanya secara langsung. Bersikaplah ramah apabila ada calon pembeli yang bertanya-tanya. Customer akan sangat senang bila mendapatkan respon yang baik dari sang penjual.

2.Website

Apabila anda mempunyai sebuah website khusus untuk toko online anda, berikan nama domain yang mudah dan simple. Jangan memilih nama website yang ribet dan bertele-tele karena akan susah diingat oleh para customer. Domain dengan nama yang simple akan mudah diingat dan dikunjungi.

3.Iklan

Anda juga dapat memasang iklan di beberapa blog terkenal. Blog tersebut dapat membuat sebuah postingan dengan link yang merujuk ke halaman website anda. Tapi iklan jenis ini berbayar. Anda dapat menjalin kerja sama dengan pemilik blog untuk mengiklankan toko online anda.

4.SFS

Sfs adalah kepanjangan dari shoutout for shoutout. Media promosi yang booming di media instagram. Anda dapat menjalin hubungan kerja sama dengan toko online lainnya di instagram lebih dari satu untuk saling mempromosikan akun IG olshop. Sistem SFS ini ampuh digunakan untuk meningkatkan jumlah followers dan pembeli.

5.Hashtag

Masih dari media instagram, manfaatkan fitur hashtag yang disediakan pada Instagram. Hashtag ini berfungsi sebagai informasi singkat mengenai foto atau video yang anda unggah. Gunakan hashtag yang menarik. Menarik dalam hal ini adalah tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele dan tidak terlalu panjang. Hashtag yang dianjurkan pihak instagram adalah 2-5 kata. Hashtag yang menarik dan sesuai dengan foto yang diunggah dapat tampil di halaman suggestion. Jadi, akun IG toko online anda semakin terkenal.

6.BBM

Pasti semua pelaku bisnis online mempunyai aplikasi chatting BBM. Nah, anda dapat melakukan promosi produk anda melalui foto dan PM. Pasang PM dengan produk anda dan sertakan informasi mengenai produk tersebut pada kotak PM (Personal Massage). Pastikan foto yang anda pasang jelas dan tidak blur. Ini akan menarik minat pembeli, karena foto yang anda pasang akan tampil di halaman Recent Updates. Dan apabila ada yang minat, mereka langsung melakukan chatting dengan anda untuk bertanya-tanya lebih detail lagi.

7.Entrepeneur

Jangan hanya jadi netpreneur yang mengelola bisnis di internet. Ada kalanya anda menjadi seorang entrepeneur yang terjun langsung dan bertatap muka dengan para customer. Anda juga dapat melakukan promosi secara langsung. Anda dapat mencetak sebuah katalog produk toko online anda dan melakukan penawaran langsung kepada teman, kerabat, tetangga atau teman kantor.

8.SEO

SEO (Search Engine Optimation) ini juga perlu dipelajari oleh para pebisnis online. Anda dapat membuat bagaimana halaman website toko online anda muncul di halaman teratas google. Saat kita melakukan pencarian di mesin google mengenai toko online, website anda dapat menduduki posisi teratas dengan mengoptimalkan SEO. Nah, ada baiknya anda belajar kepada pakar IT, atau membaca referensi bagaimana mengoptimalkan kerja SEO.

9.Twitter

Twitter juga mempunyai jumlah pengguna terbanyak untuk kategori media sosial. Disini anda juga dapat mempromosikan toko online. Anda cukup memposting URL website, FB toko online anda dan sertakan sedikit keterangan mengenai postingan tersebut.

10.Forum

Manfaatkan forum dari google adworse seperti kaskus untuk menawarkan produk dagangan anda. Lebih aktif untuk membangun sebuah network pertemanan semakin cepat untuk anda mengenalkan sebuah produk atau jasa.