Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP N 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Inilah 6 Manfaat Dongeng bagi Anak-Anak

20 Maret 2022   07:04 Diperbarui: 20 Maret 2022   18:00 1061
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mendongeng. (sumber: Unsplash/quokkabottles via kompas.com)

Hari ini adalah hari dongeng Internasional. Pada hari ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya saat menjadi penanggung jawab kegiatan menulis bareng dengan tema dongeng legenda, sage dan mite.

Saya mengumpulkan naskah dongeng legenda, sage, dan mite dari seluruh daerah Indonesia. Kegiatan ini masih berlangsung dan sudah ada tiga belas naskah yang terkumpul. 

Tapi, yang membahagiakan saya, para penulis menceritakan kisah yang jarang disampaikan oleh penulis lain dan kisah itu berasal dari lingkungan tempat tinggal penulis.

Ada kisah legenda dari Sukabumi, ada yang dari Malang, Papua, Surabaya, Semarang, Riau,  dan lainnya.

Mengapa saya mengadakan event menulis bareng dengan mengangkat legenda, sage dan mite? Saya meyakini bahwa dongeng ini memiliki manfaat yang sangat hebat buat pengembangan diri anak- anak.

Manfaat Dongeng Bagi Anak

1. Dongeng dapat memberikan karakter baik bagi anak- anak.

Saya beranggapan bahwa dongeng adalah salah satu sarana pendidikan karakter bagi anak- anak. Di dalam dongeng terdapat nilai- nilai moral yang dapat diambil oleh anak- anak sebagai role model. Suri tauladan dari para tokoh akan menguatkan karakter anak- anak.

Ayah dan bunda yang menemani anak membaca dongeng, bisa menjelaskan mana karakter tokoh yang dapat ditiru dan mana karakter tokoh yang tidak dapat ditiru.

2. Menumbuhkan minat baca anak.

Buku Dongeng. Sumber: dok.pri
Buku Dongeng. Sumber: dok.pri

Saya masih ingat betul saat masih kecil dulu. Orang tua saya sering membeli buku- buku cerita dan berlangganan majalah anak- anak. 

Saya membaca buku- buku tersebut dengan semangat dan dalam waktu singkat. Setiap hari saya selalu menyempatkan diri untuk membaca buku di perpustakaan sekolah dan meminjamnya untuk dibaca di rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun