Mohon tunggu...
Nina Solihah
Nina Solihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mohon masukannya bila ada kesalahan dalam penulisan ya sahabat !!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Pendidikan Akidah untuk Anak Sejak Dini di Rumah

2 Desember 2022   07:34 Diperbarui: 2 Desember 2022   07:44 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penting sekali bagi kita menyadari betapa pentingnya memberikan pendidikan bagi  anak-anak kita terutama pada saat anak di rumah. baik itu pendidikan tentang ilmu duniawi maupun pendidikan ilmu ukhrawi. perkembangan zaman dan lingkungan kita saat ini tidak bisa kita hindari informasi tersebar luas dimana-mana, hal tersebut berpotensi menarik anak-anak ke dalam hal-hal yang bis melanggar syariat, jika tidak diberikan pondasi yang kuat tentang pemahaman akidah islam. 

Akidah merupakan kunci kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat. Para nabi dan rasulpun telah menyeru kepada anak mereka pada akidah lurus dengan menanamkan pemahaman akidah sejak dini. pemahaman akidah islam akan menjadi pondasi sekaligus menjadi pagar dalam menentukan pengambilan keputusan dalam suatu permaslahan. Hal ini menjadi PR bagi orang tua dalam mendidik ank-anaknya. Kenapa orang tua ? karena, kalau kita lihat dalam beberapa kasus anak-anak sekolah maupun yang  kuliah itu mudah didangkalkan akidahnya. salah satu faktor yang mendukung terjadinya hal seperti itu adalah kurangnya perhatian keluarga dalam mendidik anak ketika di rumah. jika kita mengandalkan pendidikan di sekolah itu tidak bisa karena, waktu yang anak habiskan antara disekolah dan di rumah lebih banyak di rumah, maka dari itu penting sekali untuk bisa mengimbangi pendidikan anak saat dirumah.

pendidikan akidah sebaiknya disampaikan sejak dini dengan metode dan media yang benar, tepat dan sesuai dengan daya nalar dan pemahaman sesuai usianya. dengan begitu anak akan mudah memahami apa yang orangtuanya ajarkan yang berimbas anak akan tau tentang suatu hal antara yang baik dan benar dalam memelihara akidahnya juga tidak mudah terpengaruhi oleh hal-hal yang tidak baik.

lantas kenapa dimulai dari rumah ? kenapa harus orang tua ? Karena Allah Swt Berfirman  Yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman ! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; pennjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S. At-Tahrim Ayat 6).  

Disinilah peran penting orang tua, bukan hanya memenuhi kebutuhan anak dengan memberikan nafkah saja, namun juga memberikan pendidikan yang baik. akan tetapi bukan berarti juga memasrahkan pendidikan anak hanya disekolah saja melainkan pendidikan dirumahpun jangan dibiarkan begitu saja. sejatinya sekolah utama bagi anak ada dirumahnya dengan orangtunya sebagai guru. Ingatlah bahwa setiap anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan melainkan orangtuanya lah yang mengundang untuk ia lahir ke dunia ini. apabila anak menjalankan sebuah kemungkaran atau perbuatan lainnya, orang tua sangat wajib memperingati agar kembali kepada kebenaran. 

semakin bertumbuhnya anak maka rasa penasarannya pun akan berkembang, sedangkan jika kita tidak memberikan pemahaman yang baik tentang akidah dengan kecanggihan teknologi saat ini sangat urgent. Karena  banyak kemungkinan besar yang bisa mempengaruhi pemahaman anak terutama dalam akidah. Maka dari itu marilah kita mulai menyadari bahwa pendidikan akidah ini sangat penting kita ajarkan sejak dini. tips untuk penyampaiannya sangat mudah sekarang untuk kita cari, kita bisa lihat di youtube, social media dan berita-berita lainnya dengan penyaringan informasi yang baik dan disesuaikan dengan kebutuhan kita tentunyaa 

Sekian, terimakasih semoga bermanfaat !!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun