Mohon tunggu...
Ilmu Sosbud & Agama

Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19

21 Juni 2021   22:05 Diperbarui: 21 Juni 2021   22:09 41 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID-19 telah mengubah tatanan hidup manusia, terutama dalam beraktivitas. Banyak kegiatan yang kini dilakukan secara online, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Pengurangan bahkan peniadaan kegiatan belajar mengajar di kampus menjadi keputusan yang tepat untuk mencegah  COVID-19.

Pada masa pandemi covid 19 diharuskan masyarakat agar lebih ketat dalam menjaga kebersihan jaga jarak, sering cuci tangan dan keluar memakai masker. Akibat dampak pandemic kovid 19 ini  banyak sekolah maupun universitas tidak berjalan dengan lancar. Hal ini dilakukan guna mencegah dan menghindari penyebaran virus Corona Covid-19 yang tengah merebak dibeberapa negara termasuk di Indonesia. Bekerja dari rumah (WFH) dan Belajar dari rumah (LFH), tidak berkumpul dan menjaga jarak dianggap cara yang terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Khusus di Dunia Pendidikan, terutama untuk tingkat Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sendiri sudah meminta kepada seluruh Perguruan Tinggi Beri Kemudahan Pembelajaran Di Masa Darurat Covid-19. 

Membantu Pemerintah dan masyarakat untuk melakukan pembelajaran dari rumah, bekerja dari rumah, serta melakukan pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), juga mengimbau agar perguruan tinggi dengan otonomi yang dimilikinya dapat memberikan fleksibilitas dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa darurat Covid-19. 

Salah satunya dengan menerapkan sistem Home Learning atau belajar dirumah.Beragam metode tidak konvensional bisa dijadikan pilihan, seperti dalam bentuk penugasan, esai, kajian pustaka, analisa data, proyek mandiri, dan lain-lain dengan memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran seperti e learning, google zoom dan aplikasi lainnya. Media pembelajaran elektronik (Elearning) adalah bukti kemajuan luar biasa dari peradaban manusia.

Kuliah daring adalah sistem perkuliahan yang memanfaatkan akses internet sebagai media pembelajaran yang dirancang dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan oleh pihak akademi/universitas.

Kementerian Pendidikan memberikan sejumlah acuan untuk pelaksanaan belajar dari rumah selama masa pandemi ini. Tidak ada batasan spesifik materi belajar apa saja yang harus dilakukan oleh siswa di rumah. Hal ini karena akses atau fasilitas belajar yang dimiliki masing-masing siswa di rumah tidaklah sama. Untuk menunjang proses kegiatan belajar dari rumah ini kemendikbud sudah melakukan kerja sama dengan beberapa provider telekomunikasi seperti, Indosat, Telkomsel dan XL untuk memberikan kuota edukasi untuk mengakses aplikasi ataupun website belajar.

VIDEO PILIHAN