Mohon tunggu...
RambuJenitaHandayani
RambuJenitaHandayani Mohon Tunggu... Collage Student of Udayana University

Saya adalah mahasiswa Teknik Industri di Universitas Udayana yang memiliki ketertarikan besar pada pengembangan sistem dan efisiensi proses. Di luar kegiatan akademik, saya memiliki hobi memasak dan mendengarkan musik sebagai cara untuk melepas penat. Dengan kepribadian yang ekstrovert, saya senang berinteraksi, bekerja dalam tim, dan terbuka untuk pengalaman serta tantangan baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pelatihan Pemasaran Produk Serabon : Tim PPK Ormawa HMTIN Dorong Kemandirian Ekonomi Kelompok Nelayan

27 September 2025   12:30 Diperbarui: 27 September 2025   11:18 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Tim Pelaksana PPK Ormawa HMTIN Fakultas Teknik Universitas Udayana

Sebagai bagian dari rangkaian Program SERIKAT (Sinergi Inovasi Rantai Ikan Tongkol), Tim Pelaksana PPK Ormawa HMTIN Universitas Udayana kembali menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran Produk "Serabon" pada Minggu, 24 Agustus 2025 pukul 11.00 WITA -- selesai di Aula Kantor Kepala Desa Seraya Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh keluarga nelayan Desa Seraya Timur dan para pihak yang sebelumnya terlibat dalam launching produk Serabon. Adapun rangkaian acara diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan dari perwakilan Kepala Desa Seraya Timur, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Udayana, dan Koordinator Program Studi Teknik Industri Universitas Udayana yang menyampaikan apresiasi dan harapan agar pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas pemasaran produk olahan nelayan.

Dokumentasi Tim Pelaksana PPK Ormawa HMTIN Fakultas Teknik Universitas Udayana
Dokumentasi Tim Pelaksana PPK Ormawa HMTIN Fakultas Teknik Universitas Udayana

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi strategi pemasaran oleh Dosen Teknik Industri, karena kegiatan ini merupakan pengabdian dan pihak program studi memberikan dukungan sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Materi yang diberikan meliputi cara menentukan target pasar, strategi promosi, pemanfaatan media sosial, serta tips menjaga kualitas produk agar lebih bersaing.

Peserta kemudian mengikuti sesi diskusi interaktif untuk berbagi pengalaman dan bertanya langsung kepada pemateri tentang strategi pemasaran yang tepat untuk produk mereka. Acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan dan foto bersama seluruh peserta dan narasumber.

Melalui pelatihan ini diharapkan kemampuan kelompok nelayan Desa Seraya Timur dalam memasarkan produk Serabon semakin meningkat sehingga produk ini mampu menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga nelayan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun