Mohon tunggu...
Niken Anggraini
Niken Anggraini Mohon Tunggu... Wiraswasta - podcast: anchor.fm/saya-niken

Novel : Suweng Mbah Tukah (gratis di Fizzo), Numa Dan Benda Bertuah (gratis di Fizzo), Pangeran Gelatik (gratis di Fizzo), Dita dan Sena: Sang Penakluk (gratis di Fizzo), Berlabuh Di Sisimu (Kwikku), Oh My Beebu (Hinovel, Sago, Bakisah, Ceriaca), Diary Cinta Naelsa:Macaca (Hinovel, Bakisah, Ceriaca)

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Bubur Goreng Rendang

14 Agustus 2019   22:16 Diperbarui: 14 Agustus 2019   22:19 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya menonton OK Food di televisi beberapa waktu yang lalu. Saya lihat si Peppy begitu menikmati makan bubur goreng yang dibelinya di daerah Cilandak - Jakarta saat itu. Usai nonton, saya jadi pengen makan juga nih. Hehehe. Penasaran.  


Akhirnya, ketika ibu saya memasak Rendang, saya bikin bubur goreng sendiri di rumah. Saya memanfaatkan Rendang ini sebagai salah satu bahan untuk membuat bubur goreng.  Saya bikin buburnya dulu, setelah itu saya goreng. Dan jadilah bubur goreng ala saya yang terinspirasi dari melihat tayangan itu.


Untuk memasaknya, saya menumis satu siung bawang putih dan bumbu Rendang. Potongan daging Rendangnya saya sisihkan. Nggak ikut di tumis. Saya tumis sebentar bumbunya sebelum saya masukan buburnya.  


Kemudian setelah bubur dan bumbu menyatu serta terlihat mengering, saya angkat dari kompor untuk dituangkan  ke piring. Saya taburi dengan seledri, daun bawang dan juga kacang  goreng. Saya tambahkan pula potongan daging Rendang dan kerupuk di atasnya.


Secara penampakan mungkin terlihat aneh. Seperti nasi goreng yang gagal karena nasinya terlalu hancur atau lembek dan lengket. Tapi tidak begitu dengan rasanya. 

Penampilannya mungkin tak menarik. Tapi rasanya  tak bisa diremehkan.  Ini kan Rendang. Makanan yang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Eeeenaaak pol. Rendang dipadukan dengan bubur atau apapun itu padanan makanannya, sudah pasti enaknya.    

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun