Mohon tunggu...
Nidya Kusumawardhany
Nidya Kusumawardhany Mohon Tunggu... Lecturer

Lifetime learner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN K13 Universitas Budi Luhur di Wilayah Kelurahan Joglo Jakarta Barat

4 Maret 2021   09:36 Diperbarui: 4 Maret 2021   09:39 115 1 0 Mohon Tunggu...

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perwujudan pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masyarakat serta merupakan bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Peguruan Tinggi. Kegiatan KKN yang akan kami laksanakan di Kelurahan Joglo ini memiliki judul "MENINGKATKAN SARANA PRASARANA KEBERSIHAN SERTA KREATIVITAS DAN EDUKASI MASYARAKAT DI KELURAHAN JOGLO" dengan mengambil 3 (tiga) tema antara lain : Rumah Cerdas Budi Luhur, Kebudiluhuran dan Sarana dan Prasarana Lingkungan. Dengan dilaksanakannya kegitan KKN di Kelurahan Joglo ini, mahasiswa diharapkan untuk bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari secara langsung kepada masyarakat serta bisa ikut berpartisipasi dan berkontribusi langsung dalam pengembangan Kelurahan Joglo.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengajarkan kepada mahasiswa cara identifikasi masalah-masalah sosial kerakyatan dan menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Kuliah Kerja Nyata secara langsung akan menunjukkan keterkaitan langsung antara dunia pendidikan dan upaya perwujudan kesejahteraan masyarakat. 

Beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata adalah yang pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua adalah pendekatan interdisipliner dan komprehensif yang artinya KKN menyelesaikan dari permasalahan nyata masyarakat yang dilakukan menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Ketiga adalah keterlibatan masyarakat secara aktif.

Faktor Pendukung dan Penghambat

Faktor pendukung

  • Kesadaran warga akan kebershihan lingkungan;
  • Antusiasnya warga dalam mengikuti senam sehat;
  • Anak -- anak sangat senang ketika diajarkan;
  • Warga sangat bersimpatii dalam kegiatan tersebut dan mau melakukan kegiatan bersama -- sama.

Faktor penghambat

Faktor penghambat dari kegiatan yang kita lakukan diatas adalah karena kami melaksanakan pada saat terjadinya pandemi, maka tidak diperbolehkan untuk berkumpul. Jadi hanya beberapa warga saja yang dapat membantu dalam kegiatan diatas.

Jenis Kegiatan dan Program Kegiatan

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan:

Program Utama

  • Workshop Bisnis Online

Pada program ini, mahasiswa KKN akan melakukan kegiatan berupa pelatihan mengenai bisnis secara online yang akan memberikan kontribusi berupa pembekalan kepada masyarakat di Kelurahan Joglo untuk menunjang bisnis mandiri dalam masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN