Mohon tunggu...
Nicke Afra
Nicke Afra Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik

Menulis adalah cara saya menyampaikan pendapat dan membaca cara saya menerima pendapat dan pengalaman orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak (Jurnal Dwi Mingguan)

11 Juni 2023   23:48 Diperbarui: 12 Juni 2023   00:07 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok CGP ANGKATAN 7 KABUPATEN MELAWI 2023

Salam dan Bahagia

Halo Bapak/Ibu Guru hebat, tetap semangat memberikan pelayanan yang terbaik untuk anak didik kita. Pada kesempatan ini saya ingin membagikan pengalaman saya setelah mengikuti rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak. Semoga refleksi ini semakin memotivasi Bapak/Ibu untuk bergabung mengembangkan diri menjadi Calon Guru Penggerak.

Memasuki minggu ke -3 bulan November tepatnya pada tanggal 23 November 2022  yaitu memasuki modul 1.3 Visi Guru Penggerak. kegiatan Program Pendidikan Guru Penggerak di awali dengan kegiatan daring yaitu CGP mengerjakan tugas-tugas di LMS yaitu di Mulai Dari Diri sendiri dan selajutnya diskusi di LMS  yaitu memahami materi pada tahap Eksplorasi Konsep mejawab pertanyaan-pertanyaan pemantik yang berkaitan dengan  materi Visi Guru Penggerak. Selanjutnya melakukan diskusi  daring menggunakan Google Meet di Ruang Kaloborasi. pada kegiiatan tersebut CGP dipandu oleh moderator berdiskusi sesuai dengan kelompok kemudia di bagi mejadi kelas room kecil untuk menjawab pertanyaan pemantik yang berkaitan dengan visi guru penggerak. Hari berikutnya yaitu Ruang Kaloborasi hari ke-2 yaitu mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Pada kegiatan Ruang Kaloborasi kedua kelompok masing-masing mempresentasikan  hasi diskusi yaitu visi sebagai guru penggerak terhadap murid.  Setelah mengikuti rangkaian kegitan LMS dan Pendampingan Individu oleh Penggajar Praktik modul selanjutnya CGP mengikuti kegiatan lokarya luring.  Melaului kegiatan lokakarya luring Pengajar Pratik memfasilitator kegiatan untuk memandu ruang diskusi secara luring bersama antar CGP untuk berdiskusi berkaitan dengan materi pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak.

Materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak  mampu menggerakan saya untuk melakukan prakarsa perubahan terhadap peserta didik yaitu dengan mewujudkan visi terhadap murid saya. Saya senang sekali karena saya memahami bagaimana merencanakan visi dan mewujudkan visi terhadap  murid saya. Saya merasa antusias ketika mendegar dan menyimak rekan guru CGP yang membagikan visi terhadap murid. 

Visi Guru Penggerak /Dok pribadi
Visi Guru Penggerak /Dok pribadi

 Pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak telah membuka pemahaman saya bahwa seorang guru harus mempunyai mimpi terhadap terhadap muridnya. Apa yang menjadi harapan guru terhadap muridnya? Apakah tujuan yang ingin dicapai oleh guru setelah melakukan kegiatan pembelajaran? Hal apa yang di dambakan oleh guru dari murid ?

Pembelajaran yang saya ambil pada materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak adalah dalam membuat visi saya harus melihat sumber daya yang ada di sekolah dan mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Sebagai Guru kita harus mempunyai visi yang jelas seperti apa layanan dan lingkungan belajar yang kita berikan kepada murid.  

Penerapan materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak dapat kita implementasikan pada Pembelajaran di Sekolah dan membangun Kaloborasi dengan rekan sejawat untuk membuat visi murid yang berlandaskan pada sumber daya yang dimiliki dan Profil Pelajar Pancasila. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun