Mohon tunggu...
Hani Debyyana
Hani Debyyana Mohon Tunggu... Menulis itu perlu persiapan otak, otot, kuota, buku dan berbagai camilan

Hobi menulis, membuat kerajinan tangan, baca - baca, dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Musim Hujan dan Kesehatan

5 Januari 2021   20:15 Diperbarui: 5 Januari 2021   20:25 93 0 0 Mohon Tunggu...

Musim hujan adalah musim dimana curah hujan yang turun sangat tinggi dan frekuensi yang lama. Musim hujan seperti ini menyebabkan udara menjadi dingin, basah dan lembab. 

Di beberapa tempat hujan bisa turun seharian, bisa juga turun hingga beberapa hari berturut-turut yang jika tidak waspada dapat menyebabkan banjir, hujan juga bisa turun di wilayah satu namun cerah di wilayah lain, padahal masih dalam satu kota (hujan lokal). Kondisi demikian tentu akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari bahkan mempengaruhi kesehatan.

Cuaca yang tidak menentu ini bagi beberapa orang akan menyebabkan mudah sakit, karena perubahan cuaca dari panas tiba-tiba dingin atau sebaliknya dari dingin tiba-tiba panas membuat tubuh sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, hal ini menyebabkan virus dan bakteri mudah masuk dan membuat orang jadi mudah sakit.

Penyakit yang selalu mengintai di setiap musim hujan diantaranya adalah demam berdarah, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti ini seringkali menjadi wabah dan biasanya menyerang anak sekolah. Selain demam berdarah, penyakit seperti malaria, tifus (demam tifoid), diare dan masih banyak lagi, sangat mengancam bagi orang yang memiliki sistem imun yang lemah.

Bagaimana caranya agar tetap prima dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini? Banyak cara untuk mencegah penyakit yang banyak menjangkiti pada saat musim hujan, diantaranya:

- Selalu sediakan jas hujan. Walaupun udara terang, tetap harus membawa jas hujan, karena cuaca sering kali berubah dengan cepat dari panas lalu tiba - tiba hujan. Jadi persiapan yang baik untuk mengatasi perubahan ini baik dilakukan. Usahakan jas hujan yang dipakai tidak berlubang atau menyerap air. Percuma jika kita pakai jas hujan tetapi tetap basah kuyup.

- Selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayuran dan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C dipercaya dapat memperkuat imun sehingga tidak mudah terserang penyakit dan mempercepat penyembuhan.

- Selalu menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan sehat, dengan cara membuang atau menanam tempat yang dapat menampung air, hal ini penting untuk mencegah penyakit demam berdarah, tidak membuang sampah sembarangan untuk mencegah banjir, dan sebagainya. Lingkungan yang sehat akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. 

VIDEO PILIHAN