Mohon tunggu...
Nia Irawan
Nia Irawan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Nia Irawan

Saya Nia Irawan, mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Potensi Alam Tersembunyi Indragiri Hulu Riau, Wisata Air Terjun Tembulun Kinutan

30 Oktober 2021   20:09 Diperbarui: 30 Oktober 2021   20:48 405 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Air Terjun Tembulun Kinutan/Dokpri

  

Indragiri Hulu -  Inhu merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau. Komoditas utama yang berkembang di daerah Indragiri Hulu ini adalah komonitas perkebunan karet, kelapa sawit, kakao, dan juga pinang. Namun seperti kita tahu yang lebih dominan adalah kelapa sawit. Hampir semua lahan dapat dijumpai dengan perkebunan kelapa sawit.

Riau dikenal dengan daerah dataran rendah dan  suhu cuaca yang panas, sehingga tidak banyak terdapat wisata air terjun yang berada di daerah tersebut seperti halnya yang terdapat didaerah pegunungan.

Namun terdapat salah satu potensi alam yang mungkin belum banyak diketahui oleh daerah luar bahwa Inhu juga ternyata memilki potensi alam tersembunyi yakni berupa wisata alam air terjun yang bernama Air Terjun Tembulun Kinutan. Bentuk air terjunnya unik, mungkin berbeda dengan air terjun pada umumnya yang hanya satu air terjun yang tinggi.

Berbeda hal nya dengan Air Terjun Tembulun Kinutan ini, di setiap turunan aliran sungainya akan membentuk air terjun yang lainnya. Jika kita berada di posisi air terjun paling bawah, di atas kita bisa melihat masih ada aliran sungai yang diatas nya lagi masih terdapat air terjun. Ini lah yang membuat unik Tembulun Kinutan dengan air terjun pada umumnya.

Objek wisata Air Terjun Tembulun Kinutan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Pangkalan Kasai, Seberida. Kabupaten Indragiri Hulu. Riau. Siapa sangka, walaupun dataran rendah, namun ternyata memiliki potensi alam berupa air terjun.  Aliran sungai yang dipenuhi dengan bebatuan menambah keindaham tersendiri.

Aliran Sungai Tembulun Kinutan (Dokpri)
Aliran Sungai Tembulun Kinutan (Dokpri)

Wisata Air terjun tembulun kinutan menawarkan suasana asri dan ketenangan yang disuguhkan langsung oleh alam. Tembulun Kinutan sendiri adalah salah satu tempat wisata yang memiliki keindalahan alam yang masih alami.  Masih rindangngya tempat  tersebut karena dikeliling oleh pepohonan yang berdiri di pinggir-pinggir sungai dan di sekitar air terjun tersebut.

Namanya memang terdengar unik bagi sebagian orang, namun perlu diketahui Tembulun Kinutan sendiri berasal dari dua suku kata yakni Tembulun dan Kinutan. Tembulun sendiri memiliki arti air yang bergulung atau membulung lalu terjun ke bawah, sedangkan Kinutan berasal dari nama sungai di daerah tersebut yang artinya kisah kehidupan hutan.

Mengapa disebut kisah kehidupan hutan? Hal ini tentunya dikarenakan potensi alam yang ada dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, misalnya banyaknya pepohonan yang digunakan oleh masyarkat sebagai mata pencaharian mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan