Mohon tunggu...
Nia Indah Kurnia
Nia Indah Kurnia Mohon Tunggu... Lainnya - Students

Halo guys, im nia from indonesia. Nice to meet u :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PMM UMM Kelompok 46 Gelombang 18, UMM Ajak Teman Panti Asuhan Assalaam Shobuur Menanam Toga

25 Januari 2022   18:57 Diperbarui: 25 Januari 2022   18:59 87 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pmm UMM Kelompok 46 Gelombang 18, UMM Ajak Teman Panti Asuhan Assalaam Shobuur Menanam Toga

Malang, Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 46 yayasan panti asuhan As. Salaam Shobuur jalan sengkaling I blok B1 no.1, Jetak lor, Mulyoagung, Kec.dau masih berjalan. 5 orang anggota kelompok PMM tersebut melakukan salah satu agenda program kerja yaitu Kegiatan Menanam Tanaman Obat Keluarga. Pada hari Selasa (22/12/2021) kelompok 46 gelombang 18 bersama teman-teman Yayasan Panti Asuhan As-Salam Shobur yang berjumlah 12 orang melaksanakan kegiatan penanaman TOGA dalam peningkatan kreativitas anak dalam berkebun (agro mini farm).

Tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di pekarangan rumah yang memiliki khasiat sebagai obat keluarga. Ada banyak jenis tanaman toga yang bisa dibudidaya. PMM kelompok 46 memilih tanaman jahe, kunyit dan kencur menjadi pilihan tanaman yang mereka budidayakan. Tentunya pilihan jenis tanaman toga tersebut banyak menjadi pilihan alternatif baik sebagai obat-obatan, maupun bahan masakan. Budidaya tanaman obat juga dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal. Setiap keluarga juga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan tradisional.

Kegiatan tersebut berlangsung di Jl. (Perumahan sengkaling) yang bertepatan di Yayasan Panti As-Salam Shobur yang di didampingi oleh dosen pembimbing (Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M.P) demi kelancaran kegiatan PMM tersebut.

Adapun hasil yang dicapai yaitu pengenalan apa saja manfaat dan khasiat dari tanaman toga. Selain itu bagaimana cara pengolahan tanaman toga dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang kesehatan.

Dengan adanya agenda program kerja tersebut berharap bisa membawa banyak manfaat bagi teman-teman panti asuhan as-salam shoobur, salah satunya memanfaatkan halaman pekarangan Yayasan untuk menjadi lahan tanaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan