Mohon tunggu...
Niko Hukulima
Niko Hukulima Mohon Tunggu... Human Resources - Karyawan Swasta dan Aktivis Credit Union Pelita Sejahtera

Hidup terlalu singkat untuk disia-siakan. Berusaha untuk lebih baik hari demi hari.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Siapa Tahu

4 Januari 2024   23:18 Diperbarui: 4 Januari 2024   23:20 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa bulan lalu, karena sebuah pekerjaan, saya bertemu dengan seseorang di perusahaan tempat dia bekerja. Perbincangan yang cukup alot dan keras terasa sejak awal hingga pertemuan terkahir. Dan itu terus terjadi. Masing-masing bertahan dengan keyakinannya, sampai tiba pada kesimpulan, rasanya tidak bisa lanjut.

Sore hari kala itu dia telpon lagi. Tetap dengan suara keras dan tinggi dia mengungkapkan kekesalannya oleh karena perbedaan diantara kami. Tidak mau kalah, saya balas dengan nada yang sama. Kami akhiri pembicaraan keras sore itu dengan saling mengumpat lalu tutup telpon. Berakhir sudah.

Dua hari lalu, ada wa masuk. saya cek, dan nama itu muncul. Tidak seperti biasa, kalimat awal dia sampaikan dengan sopan. Saya tidak cukup percaya membaca wa dia dengan nada sebaik itu. "Apakah wa bapa ini salah alamat"? Balas saya. Segera dijawab, "ini dengan bapa....bukan"?, "betul" jawab saya lagi.

Pembicaraan melalui Wa berlanjut. Dengan nada tetap sopan, dia mengungkapkan maksudnya sembari menghubungkan saya dengan seseorang untuk urusan yang dia maksud. Komunikasi berakhir dengan amat baik, ditutup dengan saling mendoakan. Selanjutnya saya gantian berkomunikasi dengan orang yang dia maksud untuk sebuah tujuan yang lain.

***

Kejadian tersebut membuat saya memberikan penilaian cepat; orang ini tidak layak menjadi mitra atau teman. Dengan perangai dan gaya komunikasi demikian, rasa-rasanya tidak.

Akan tetapi komunikasi singkat melalui wa kemarin membuat saya membatin, rasanya saya terlalu cepat menilai. Hal ini membuat saya berpikir untuk mengubah cara pandang demikian. Jangan cepat-cepat menilai seseorang dari sudut pandang dirimu sendiri dalam waktu sesingkat itu. Pertemuan dengan komunikasi singkat seperti ini tidak dapat menjadi acuan untuk membuat penilaian. Butuh proses lebih panjang untuk memahami seseorang dengan lebih baik, karena yang tampak sesaat belum tentu adalah diri dia yang sebenarnya. Butuh waktu untuk lebih mengenal secara lebih objektiv. Dan untuk itu butuh kesediaan diri untuk menyampingkan perasaan pribadi.

Marilah senantiasa berdamai dengan diri sendiri dan orang lain. Saling mengisi dan melengkapi, itu jauh lebih baik, agar hidup menjadi lebih bermakna.

Yang buruk di matamu, siapa tahu, suatu saat dapat menjadi berkat untukmu.

Salam akhir pekan.

GP, 29 Okt. 23

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun