Mohon tunggu...
GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Mohon Tunggu...

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Komedo Membandel? Hilangkan dengan Cara Alami Ini!

30 Mei 2017   10:29 Diperbarui: 30 Mei 2017   11:05 698 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komedo Membandel? Hilangkan dengan Cara Alami Ini!
Source: meetdoctor.com

GoDok – Komedo ohh Komedo, si bintik hitam masalah kulit wajah yang susah dihilangkan ini memang membuat Anda tidak percaya diri.  Sejatinya, komedo merupakan benjolan ekstra kecil yang muncul akibat pori-pori wajah tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jika sudah muncul di wajah, komedo biasanya akan menumpuk di ujung hidung sehingga membuat area tersebut tampak hitam. Tak ayal, kehadirannya seringkali membuat rasa kepercayaan diri Anda menurun drastis.

Mungkin Anda bertanya-tanya,  adakah cara mudah untuk mencegah, atau bahkan mengatasi komedo? Tidak perlu khawatir!  Berikut cara alami yang dapat Anda praktikan di rumah guna mengurangi komedo membandel Anda: 

1. Manfaatkan baking soda

Baking soda dikenal luas sebagai salah satu bahan pembuat kue. Namun jangan salah, fungsinya ternyata tak hanya berhenti di situ. Baking soda juga mampu membersihkan kotoran, bakteri, serta sel kulit mati dari wajah Anda. Untuk penggunaannya, Anda cukup mencampurkan satu sendok baking soda dengan sedikit air, lalu mengaduknya hingga menjadi semacam pasta. Oleskanlah pasta ini ke bagian wajah yang berkomedo, lalu biarkan selama 10 menit hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

2. Buatlah masker putih telur dan jeruk nipis

Selain berkhasiat dalam mencegah datangnya jerawat, putih telur ternyata juga bagus untuk menghilangkan komedo, lho! Untuk pemakaiannya, Anda cukup mencampurkan putih telur dan perasan jeruk nipis dalam satu mangkuk. Bersihkanlah wajah Anda dengan sabun muka, lalu oleskan campuran tadi secara merata ke wajah Anda layaknya masker. Diamkanlah hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Cukup mudah, kan?

3. Manfaatkan kayu manis

Bagi Anda yang memiliki kegemaran memasak, pastinya sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Kayu manis merupakan jenis rempah anti-bakteri yang dapat diolah menjadi masker untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Caranya, campurkan sepotong kayu manis dengan madu agar terbentuk pasta yang kemudian dapat Anda oleskan tipis pada bagian wajah berkomedo. Biarkan pasta mengering selama 15 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah alami. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab juga setelahnya, ya!

4. Seraplah uap air panas

Jika ingin membasmi komedo membandel, maka biasakanlah wajah Anda untuk menyerap uap air panas. Anda dapat melakukannya dengan mendidihkan 1-2 liter air, menuangnya ke dalam sebuah baskom atau mangkuk besar, lalu menghadapkan wajah Anda pada uap yang keluar dari air mendidih tersebut. Sembari melakukannya selam 3-5 menit, tekanlah sekitaran komedo di wajah Anda, hingga bagian putihnya keluar. Jika sudah, bersihkan wajah Anda dengan handuk bersih.

5. Campurlah kunyit dan minyak kelapa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x