Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Pegiat Budaya | Kritikus Sosial

Beta orang kampung

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Berasal dari Kalangan Profesional, 2 Orang Ini yang Berpeluang Menjadi "Menteri Termuda"

15 Agustus 2019   18:28 Diperbarui: 15 Agustus 2019   18:36 3691 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berasal dari Kalangan Profesional, 2 Orang Ini yang Berpeluang Menjadi "Menteri Termuda"
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait kerusuhan pascapengumunan hasil pemilu 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/5/2019). 

Sudah sangat mudah mengetahui siapa yang akan menjadi menteri termuda Indonesia.

Wacana menteri muda kini kian jelas. Nama-nama yang selama ini digadang-gadang sebagai calon menteri termuda seperti Yuri Kemal Fadlullah Mahendra, Grace Natalie, Tsamara Amany Alatas, Anggela Tanoesoedibjo, Agus Harimurti Yudhoyono, Achmad Zaky, Prananda Paloh, Emil Dardak, Nadiem Makarim, Dito Ariotedjo dan Bahlil Lahadalia sudah semakin jelas siapa yang akan berada dalam pemerintahan Jokowi.

Menurut Jokowi, mereka yang diangkat menjadi menteri dari kalangan milenial adalah orang yang dengan kemampuan manajerial yang kuat.

"Tetapi saya mempertimbangkan kemampuan manajerialnya. Ada yang sangat percaya diri, tapi lemah manajerialnya," kata Jokowi.

Melihat dari kemampuan manajerial, nama-nama yang disebutkan di atas tidak dapat diragukan lagi akan tetapi banyak yang dipanggil tetapi hanya satu yang terpilih. Yang terpilih adalah dia yang sesuai dengan harapan Jokowi.

Berdasarkan pengakuan Jokowi, menteri muda telah dipilih dan berasal dari kalangan profesional bukan partai.

"Mereka berasal dari profesional, bukan partai," ungkap Jokowi

Oleh karena itu, dipastikan nama-nama seperti Grace Natalie, Tsamara Amany, Agus Harimurti Yudhoyono, Prananda Paloh, Yuri Kemal Fadlullah Mahendra, Emil Dardak dan Dito Ariotedjo tidak akan masuk karena mereka adalah kalangan partai politik.

Grace Natalie adalah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Tsamara Amany Alatas adalah Ketua DPP PSI yang tidak mungkin dijadikan sebagai menteri termuda.

Meski dinilai sebagai pensiunan militer dan utusan dari Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono yang menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat merupakan kader partai yang tidak mungkin dijadikan sebagai menteri muda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN