Mohon tunggu...
Neno Anderias Salukh
Neno Anderias Salukh Mohon Tunggu... Petani

Berwajah Preman, Berhati Malaikat

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Kontroversi "Celana Umpan", Seks dan Mode

25 Juni 2019   15:09 Diperbarui: 25 Juni 2019   15:27 0 8 2 Mohon Tunggu...
Kontroversi "Celana Umpan", Seks dan Mode
Pull & Bear Blue Hot Pants | tinkerlust.com

Pakaian merupakan sesuatu atau barang yang dikenakan pada tubuh. Misalnya baju, celana, topi, sepatu dan lain sebagainya. Pakaian terbuat dari bahan-bahan seperti kulit binatang, tekstil dan bahan identik lainya.

Di beberapa daerah telah mengganti kulit dengan bahan yang lain seperti serat hewani, wol, linen, katun, sutra, kapas dan rami yang dibuat menjadi tenunan, rajutan, atau dipintal.

Menurut para antropolog di di Institut Max Planck telah melakukan analisis genetik kutu tubuh manusia yang menunjukkan pakaian berasal sekitar 170.000 tahun yang lalu.

Pakaian memiliki tujuan secara fisik, jender dan sosial. Secara fisik, pakaian melindungi tubuh dari ketidakstabilan suhu, radiasi sinar ultraviolet, gigitan serangga dan sebagainya. Misalnya jaket untuk suhu dingin dan topi untuk melindungi wajah dari panas matahari.

Secara gender, pakaian digunakan sesuai dengan kebutuhan. Seorang wanita harus menggunakan pakaian yang tidak harus dan tidak bisa digunakan oleh seorang pria begitupun sebaliknya seorang pria harus menggunakan pakaian yang tidak harus tidak bisa digunakan oleh seorang wanita.

Model pakaian pun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak pakaian yang digunakan adalah benar-benar untuk seorang wanita atau seorang laki-laki.

Secara sosial, pakaian melindungi bagian-bagian tubuh tertentu seperti alat kelamin, payudara dan bokong yang sangat memalukan  jika dilihat oleh orang lain. 

Namun tujuan pakaian secara sosial tiap-tiap daerah atau suku berbeda. Jika di dunia barat, berpakaian sebatas menutup kelamin dan payudara tidak menjadi masalah maka di budaya timur secara khusus di Indonesia adalah hal yang tabu.

Di zaman modern ini, pakaian bukan hanya sekedar tujuan semata secara fisik, jender dan sosial tetapi lebih dari itu merupakan sebuah mode atau fesyen.

Dibeberapa negara, fesyen dilakukan dalam sebuah kontes atau show yang dinamakan sebagai Fashion Show. Fashion Show merupakan peragaan busana yang khas dari para model. Para model berjalan di catwalk dengan mengenakan pakaian yang dibuat oleh sang desainer. Pakaian diterangi menggunakan berbagai bentuk pencahayaan dan efek khusus.

Negara-negara yang terkenal dengan acara ini adalah Perancis (Paris Fashion Week), USA (New York Fashion Week), Italia (Milan Fashion Week), Inggris (London Fashion Week), Jerman (Berlin Fashion Week) dan Rumania (Feeric Fashion Week).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x