Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Menu Sarapan, Bubur Ayam Campur yang Menggoda

3 November 2022   09:43 Diperbarui: 3 November 2022   09:47 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai..., semangat pagi, selamat pagi... Jumpa, jumpa lagi dengan saya. Chef Bunda Tety. Chef untuk keluarga kecil saya. Chef dengan tiga orang putri yang beranjak remaja. Saya menamakannya Tiga Dara.

Anak pertama dan kedua bersekolah di sekolah yang sama, yang pertama kelas XI, yang kedua kelas X. Keduanya masuk pagi. Berangkat ke sekolah dan pulang selalu bersama naik motor milik Kakak Putik, anak pertama saya.

Karena masuk pagi, pukul 06.45 WIB, maka saya harus menyiapkan sarapan. Jangan sampai tidak sarapan. Bagaimanapun sarapan amat penting sebagai asupan nutrisi dan energi anak-anak.

Ok, saya hari ini bikin bubur. Sudah lama juga sepertinya saya tidak masak bubur. Seperti sudah lebih dari seminggu deh. Kebetulan ada nasi sisa di rice cooker. Kira-kira sepiring lebih.

Kebetulan juga ada sepotong daging ayam seukuran telapak tangan, dua potong tahu, dua potong daging sapi, dan seikat kangkung. Wah, bisa ini saya jadikan campuran bubur. Biar tambah bergizi dan menyehatkan.

Kemudian nasi saya rebus hingga hancur. Sambil merebus saya suwir-suwir daging ayam dan daging sapi. Tahu saya remas-remas. Masukkan ke rebusan nasi. Aduk-aduk.

Saya ulek 3 siung bawang putih dan sedikit jahe, masukkan ke rebusan nasi, tambahkan 1 sendok teh lada bubuk, kasih sedikit penyedap rasa. Aduk-aduk sambil koreksi rasa.

Setelah nasi terlihat hancur, baru deh masukkan kangkung. Aduk-aduk sebentar. Sudah, matikan kompor. Selesai deh proses membuat buburnya. Tidak sampai 30 menit.

Saya tuangkan ke piring, taburi keju parut dan cabai bubuk. Sepertinya ada yang kurang. Ya, kurang kerupuk saja. Ada sih kerupuk mentah, tapi malas menggorengnya hahaha...

Kasih nama apa ya bubur ini? Boleh juga tuh dikasih nama bubur goda gado. Ya, mirip gado-gadolah yang isinya bermacam-macam, dan rasanya yang menggoda. Tidak jauhlah dengan bubur ala saya ini. Isinya bermacam-macam, dan menggoda juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun