Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Pelatihan Menjahit, Membuat Baju Menggunakan Mesin Jahit

7 November 2021   10:36 Diperbarui: 8 November 2021   05:39 189 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Instruktur mempraktikkan bagaimana menggunakan mesin jahit (dokumen pribadi)

Hari ketiga pelatihan, waktu dimajukan 30 menit lebih cepat, agar pelatihan bisa selesai tepat sesuai jadwal. Di hari ketiga ini, para peserta menjahit baju berdasarkan pola yang sudah digunting. Kami pun berpindah ruangan ke ruangan praktik menjahit.

Di ruangan ini berjejer mesin jahit. Kalau saya hitung ada sekitar 15 mesin jahit. Bagi pemula seperti kami, mesin jahit ini cukup canggih. Bisa mengunci jahitan agar tidak longgar. Setidaknya begitu dijelaskan oleh instruktur pelatihan, Neneng.

Sebelum memulai, tentunya kita harus menyiapkan alat-alat menjahit. Adapun alat menjahit dasar yang dibagikan saat pelatihan adalah kain, jarum jahit, benang, dan gunting benang. Gunting kain sudah tidak perlukan lagi karena bahan kain sudah menjadi pola saat pelatihan hari kedua.

Baca juga: 

Manfaat Mengikuti Pelatihan Menjahit

Pelatihan Menjahit, Membuat Pola Dasar

Lantas, bagaimana menggunakan mesin jahit yang baik dan benar?

Memasukkan benang ke jarum menjadi langkah awal untuk memulai proses menjahit. Sepertinya sih cukup mudah dan sederhana tapi jika belum terbiasa, kita akan kesulitan dan membutuhkan waktu untuk melakukannya.

Saya saja sampai harus mencontek rekan di belakang saya, bagaimana memasang benang ke jarum jahit. Maklum, di mesin jahit ini ada banyak lubang kaitan benang. Salah memasukkan lubang akan mempengaruhi lajur benang saat menjahit.

dokumen pribadi
dokumen pribadi

Caranya, masukkan benang ke gulungan benang atas dan posisikan spool. Untuk memastikan jahitannya rata, spool dan benang harus berkualitas sama. Spool ini berbentuk pin plastik atau besi kecil yang menancap di bagian atas mesin, dan menahan gulungan benang. Kemudian masukkan benang ke jarum jahit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan