Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Metode Ummi, Belajar Al Quran dengan Kelembutan Kasih Ibu

8 Oktober 2021   15:36 Diperbarui: 8 Oktober 2021   15:48 271 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejak pandemi Covid-19 mewabah, Taman Pendidikan Quran (TPQ) Masjid Al Ihsan Permata Depok, vakum. Itu berarti, hampir dua tahun ini, anak bungsu saya dan anak-anak lain di kompleks rumah, tidak mengikuti kegiatan apapun di masjid, baik itu online maupun offline.

Nah, sejak kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah-sekolah mewacana, sejak itu TPQ Al Ihsan juga bersiap-siap melakukan PTM di awal Oktober. Informasi mengenai hal ini pun disebar melalui group. 

Diinformasikan pula mengenai belajar Alquran dengan metode baru, yaitu metode Ummi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai metode ini, para orang tua santri diundang untuk menghadiri sosialisasi melalui aplikasi zoom, Sabtu (25/9/2021).

Metode baru ini dikembangkan oleh salah satu lembaga penjamin mutu pendidikan Ummi Foundation. Ini adalah metode mengenalkan cara membaca Alquran dengan tartil. 

Dengan penggunaan metode Ummi, peserta didik akan semakin mudah dalam penguasaan tahsin dan hafalan Alquran.
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Alquran metode Ummi, berdasarkan penjelasan ustadz Syam Hariyadi, S.Pd I, yang juga Ketua UMMI Depok, adalah pendekatan bahasa ibu.

Kata ummi sendiri berasal dari bahasa Arab yang bermakna ibuku. Ibu yang identik dengan sabar, tabah, dan lembut. Pemilihan nama Ummi juga untuk menghormati dan mengingat jasa ibu.

Tiada orang yang paling berjasa pada kita kecuali orang tua kita terutama Ibu. Ibulah yang mengajarkan banyak hal pada kita dan orang yang sukses mengajarkan bahasa di dunia ini adalah ibu.

"Nah, dalam pembelajaran Alquran menggunakan metode ummi ini mengusung prinsip mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati, juga kesabaran dan katabahan dalam mempelajari Alquran," tutur ustadz Syam.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Dalam penjelasannya, ada tiga strategi dalam metode Ummi. Pertama, Direct Method yaitu langsung dibaca tanpa dieja/diurai atau tidak banyak penjelasan. Atau dengan kata lain learning by doing, belajar dengan melakukan  secara langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan