Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Bunda tiga dara: Putik Cinta Khairunnisa, Annajmutsaqib, Fattaliyati Dhikra

Menulis cara saya meluapkan segala rasa: gelisah, marah, bahagia, cinta, rindu, harapan, kesal, dan lain-lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ramuan Herbal dan Pengobatan Medis Kolab "Menyembuhkan" Saya

9 Juli 2020   12:55 Diperbarui: 9 Juli 2020   14:17 51 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramuan Herbal dan Pengobatan Medis Kolab "Menyembuhkan" Saya
Dok. pribadi

 

Saya sebenarnya bukan tipe orang yang "sakit sedikit minum obat". Saya paling anti minum obat. Saya lebih mengandalkan daya tahan tubuh. Biasanya saya minum teh manis panas dan rebahan sejenak untuk menghilangkan sakit. Tak lupa memperbanyak minum air putih. Dan, Alhamdulillah selalu membaik.

Kebiasaan ini saya terapkan kepada anak-anak saya jika sakit. Ketika anak-anak batuk atau pilek atau demam, saya sangat jarang memberikannya obat. Saya "mengajarkan" tubuh anak-anak saya untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Kecuali setelah tiga hari tidak membaik, baru saya bawa ke dokter. Alhamdulillah, sejauh ini ketika anak saya sakit tak sampai harus dirawat di rumah sakit. 

Saya lebih mengandalkan ramuan tradisional yang ada di wadah bumbu dapur. Untuk masuk angin, saya biasanya "mengerok" punggung anak saya dengan bawang merah yang diolesi minyak tawon. Kalau mual-mual saya meminta anak saya untuk menghirup aroma minyak kayu putih. Kalau batuk, saya bikin minuman jahe yang dapat melegakan pernapasan.

***

Ketika saya terkena kanker payudara stadium 3 pada 2018, orangtua saya, terutama ibu saya, sering menyuguhi saya dengan aneka ramuan tradisional. Ibu saya memang yang paling rajin membawakan tanaman kering mahkota dewa, yang katanya dapat membunuh sel-sel kanker. 

Irisan mahkota dewa ini saya rebus, lalu rebusannya saya minum. Rasanya seperti minum teh. Bisa juga dicampur dengan sedikit madu. Kalau tidak mau repot, remdam saja mahkota dewa dengan air panas, tunggu 5 menit, minum deh. 

Tak hanya itu. Ibu saya juga pernah membawa setumpuk aneka bahan ramuan jamu. Ramuan ini, katanya, mampu mengobati penyakit kanker, termasuk kanker payudara. Ramuan yang katanya berkhasiat ini viral dari mulut ke mulut, dari WhatsApp ke WhatsApp, dari group ke group. 

Begini bunyi postingan yang tersebar dari hp ke hp:

TOLONG BANTU BROADCAST...!!!      
Ada obat Herbal Kanker dari 3 orang penderita yg sdh berhasil sembuh (2 orang Kanker Payudara yg sdh menyebar, Kanker Tulang sdh stadium 4 & tdk bisa bangun, skrng sdh bisa jalan)... Jika ada anggota keluarga atau kenalan yg kena kanker & sdh buntu jalan penyembuhan, tdk punya dana, sebaiknya pakai resep ini.. Ibu Carla yg sdh mulai diSembuhkan yg menyebarkan resep ini & dia berkata, sering saya lihat orang Sakit Kanker meninggal dunia bukan krn kankernya, tapi krn effek samping kemo yg sangat keras membuat kondisi pasien menjadi tambah lemah setiap kali sehabis kemo..  Sering yg sdh sembuh tulangnya menjadi Osteoporosis atau rapuh (termasuk gigi) krn kerasnya radiasi/penyinaran juga obat2an kemo...

Bahan2:
1. 150 gr Kunyit Putih
2. 150 gr Kunyit Biasa
3. 250 gr Biang Kunyit
4. 25 gr Jahe Merah
5. 100gr Jahe
6. 125gr Temu Ireng
7. 125gr Temu Putih
8. 2-3bh Pinang Muda (hijau)
9. 15-21lbr Daun Sirih (jumlah tergantung besar kecil daun sirih)
10. 30 gr Asem Jawa
11.Gula Batu (sesuai selera)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN