Mohon tunggu...
Nur MailaAssaadah
Nur MailaAssaadah Mohon Tunggu... Blog Personal

Hamba Allah yang hobi bersastra diantara senja

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Eksotis di Utara Pulau Jawa, Pulau Karimun Jawa

13 Desember 2019   13:15 Diperbarui: 14 Desember 2019   14:06 11 0 0 Mohon Tunggu...
Wisata Eksotis di Utara Pulau Jawa, Pulau Karimun Jawa
img-20191214-135637-5df489a0097f362f8e75e862.jpg

Ibarat surga yang menyajikan beragam keindahan alam yang eksotis . Air laut yang biru dan ombak tenang membuat daya tarik wisatawan untuk memilih berlibur ke pulau ini,  yaitu pulau karimunjawa. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan karimunjawa terdapat 27 pulau di laut jawa, sekitar 80 kilometer barat dari laut Jepara (pantai kartini). Meskipun banyak pulau dikarimunjawa ini, namun hanya 5 pulau yang berpenghuni. Pulau ini, memiliki total luas lahan 78 km2 yang dikenal dengan pulau karimun (2.700 ha). Sedangkan pulau terbesar kedua adalah kemujan (1400 ha). Pulau karimunjawa sangat terkenal dengan wisatanya yang sangat asri dan penuh dengan keindahan alam. Untuk dapat ke pulau ini, bisa melalui penyeberangan dengan menggunakan kapal dan pesawat terbang, namun tempat dan lokasi pemberangkatan berbeda.

Jika ingin menggunakan kapal laut, penumpang bisa berangkat dan memesan tiket dipelabuhan kartini. Namun, jika ingin menggunakan pesawat terbang penumpang dapat membeli tiket dan melakukan pemberangkatan di bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk jenis kapal laut sendiri terdapat 2 macam, yaitu kapal siginjai (normal) dan kapal express (cepat). Kecepatan jarak tempuhnya pun berbeda, jika ingin sampai ke karimunjawa lebih cepat, pengunjung bisa menggunakan kapal express dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam dari pelabuhan kartini. Apabila pengunjung ingin menikmati suasana laut lebih lama bisa menggunakan kapal siginjai dengan waktu kurang lebih 5 jam untuk sampai dikarimunjawa. Untuk harga tiketnya pun berbeda, jika siginjai dikenakan harga Rp. 95.000,00 per orang dan express sedikit lebih expensive karena jarak tempuhnya yang cepat sampai tujuan yaitu seharga tiket Rp. 150.000,00 per orang.

Khususnya para pengunjung tentunya tidak akan menyesal dengan harga tiket yang sudah dibelinya untuk bisa ke karimunjawa, karena sesampainya disana akan disambut dengan keindahan yang sangat memukau. Selain keindahan pulau, karimunjawa pun sangat kaya akan wisatanya. Seperti, bukit love, tempat penangkaran hiu, bukit joko tuo, hutan mangrove, pantai tanjunggelam, dan masih banyak wisata lainnya. Dikarimunjawa juga banyak pendatang dari luar Negeri atau biasa disebut dengan turis yang menetap untuk tinggal disana. Khususnya disalah satu pulau yang berpenghuni yaitu pulau menjangan. Disana sudah tersedia lengkap, baik fasilitas maupun kebutuhan sehari-hari juga tempat penginapan seperti hotel untuk ditempati dalam jangka waktu panjang.

Selain wisatanya yang dapat menghipnotis pengunjung untuk dapat menikmati indahnya pulau karimunjawa. Disana pun juga terdapat produk asli daerah setempat, seperti tasbih, tongkat, gelang, keris, dan souvenir yang terbuat dari kayu. Karena karimunjawa terkenal dengan banyak kayu yang baik dan ada manfaatnya, sehingga kayu-kayu tersebut juga banyak diekspor ke luar negeri untuk pengobatan, seperti kayu dewandaru, kayu setigi, kalimasada, dan masih banyak jenis kayu lainnya. Selain kerajinan kayu, penduduk setempat juga membuat olahan asli karimunjawa untuk buah tangan bagi para pengunjung. Seperti halnya, ikan asin dengan berbagai jenis ikan, abon ikan,  dan kerupuk ikan.

Tidak hanya produk dan wisata laut saja yang dapat dinikmati, dikarimunjawa juga terdapat wisata religi yang bertempat di pulau karimun. Pengunjung bisa berziarah ke makam nyamplungan, yang bernama Mbah Amir Hasan, yaitu anak dari sunan muria salah satu santri sunan Kudus.

Selain keindahan gugusan pulauanya, karimunjawa juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat menawan. Berbagai macam terumbu karang yang ada di dunia beserta biota di dalamnya sebagian besar berada di perairan tersebut. Kepulauan Karimunjawa di Jepara ibarat magnet kuat bagi wisatawan. Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni di dalam laut akan menjadi daya tarik untuk bermain-main di dalam air. Air laut di Karimunjawa sangat jernih dan bening, sehingga kita bisa melihat dasar laut dengan jelas pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing, bulan madu atau hanya sekedar liburan. Namun selain indah, wisatawan juga perlu tahu kondisi cuaca sebelum berlibur ke sana.

Pulau karimunjawa menjadi salah satu destinasi wisata di jawa tengah yang wajib di kunjungi, Karimunjawa sangat cocok di jadikan liburan setelah berbulan-bulan karena disibukkan oleh pekerjaan, sehingga Karimunjawa bisa menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa Karimunjawa dengan sejuta pesonanya sebagai tujuan destinasi wisata, yang menjadi primadona wisatawan yang tak kalah menarik dari tempat-tempat wisata lainnya. Sebab, keindahan alam yang menjadi surga flora dan fauna, serta kearifan lokal yang begitu banyak menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata yang dapat di perhitungkan.

Selain itu, dengan banyaknya flora dan fauna di kepulauan karimunjawa dapat menjadi simbol bahwasannya kepulauan ini sebagai laboratorium alam yang dapat menambah wawasan, edukasi, dan pengetahuan kita tentang kehidupan-kehidupan yang ada di kepulauan ini. Untuk memahami destinasi wisata yang ada didalam negeri, kita harus mengenal terlebih dulu dengan daerah kita masing-masing. Agar keindahan alam sekitar dapat dinikmati oleh penduduk asli dan bukan hanya dipenuhi oleh turis mancanegara, sehingga obyek wisata lokal tetap terjaga dan berkembang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x