Mohon tunggu...
Neli rosanatalia
Neli rosanatalia Mohon Tunggu... Lainnya - neli rosa natalia

haii saya neli

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kata yang Dapat Menyakitkan Perasaan Orang Lain

25 September 2021   20:21 Diperbarui: 25 September 2021   20:23 54 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kata yang Dapat Menyakitkan Perasaan Orang Lain
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Manusia adalah makhluk sosial. Untuk itu, menyakiti perasaan sesama adalah hal yang haram dilakukan. Baik menyakiti perasaan lewat tindakan dan juga ucapan. Terkadang kita sendiri tidak menyadari bahwa telah menyakiti perasaan orang lain lewat perkataan yang menyakitkan. Kata-kata menyindir kita berisi ungkapan halus tetapi menohok. 

Dalam berhubungan sosial antara sesama manusia, terkadang timbul perasaan tidak suka, iri, dengki dan marah.  Bahkan tak sedikit orang yang merasa sakit hati hingga bersedih karena tingkah laku orang lain.

Contohnya banyak sekali orang yang menggunakan media sosial untuk menyindir orang lain dan mereka menggunakan kata-kata kasar yang tampa merreka sadari itu bisa menyakitkan hati orang lain. 

Dan tidak sedikit juga orang yang menggunakan media seperti youtube dan mereka menonton subuah  vidio dan merekaa tidak menyukainya lalu menuliskan sebuah komentar negatif mengguanakan kata-kata yang tidak baik yang dapat menyaiti perasaan orang lain.

Contohnya seperti kalimat "Kamu lebay banget sih" Perkataan yang didengar memiliki pandangan dan reaksi yang berbeda-beda dalam hal interpretasi. Namun kesamaannya, setiap manusia pasti sama-sama merasa sakit hati ketika dinilai 'lebay' atau berlebihan oleh orang lain. 

Mungkin menurut kita memang dia terlalu berlebihan, tetapi apa yang kita katakan juga tidak pantas. Jadi kurangi, ya menilai seseorang dengan kata 'lebay'. Jadi, hindari menyebut "Kamu lebay banget sih" ya.

Namun, hal ini jua tidak bisa dihindari dalam sebuah kehidupan kita. Dan merupakan salah satu jenis interaksi yang pasti ada dalam hubungan sosial. 

Untuk mengatasi Perasaan yang tersakiti akibat perkataan orang lain yang bisa anda lakukan berusaha mencari suatu pelampiasan yang memili eek megatif seminimal mungkin.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan