Mohon tunggu...
Negara KITA
Negara KITA Mohon Tunggu... Keterangan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Bio

Selanjutnya

Tutup

Politik

Perdamaian Jokowi-Prabowo untuk 2024?

4 Juli 2019   17:48 Diperbarui: 4 Juli 2019   18:07 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perdamaian Jokowi-Prabowo untuk 2024?
Jokowi dan Prabowo [Foto: REUTERS/Willy Kurniawan]

Pilpres 2019 telah usai dan KPU telah menetapkan Paslon Jokowi-Ma'ruf sebagai pemimpin Indonesia 2019-2024. Hal ini menandakan Jokowi terpilih lagi sebagai Presiden Indonesia untuk kedua kalinya. Artinya, tidak akan ada Capres Petahana di Pilpres 2024. Lantas siapakah kira-kira yang akan maju di kontestasi berikutnya?

Baru-baru ini lembaga riset LSI Denny JA telah merilis 15 nama tokoh yang berpotensi akan berlaga di Pilpres 2024. Menurut peneliti LSI Rully Akbar, ada 4 landasan dipilihnya nama-nama itu. Pertama mereka yang pernah menjabat di pemerintahan pusat, kedua merupakan ketua umum partai, ketiga memiliki riwayat sebagai pemimpin daerah, dan keempat berasal dari kalangan profesional.

Nama-nama tersebut adalah nama yang sudah tidak asing lagi di kancah perpolitikan Indonesia. Mereka adalah Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Sri Mulyani, Budi Gunawan, Gatot Nurmantyo, Tito Karnavian, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Mr. X. Rully menambahkan, Mr. X adalah sosok yang memiliki efek kejut dalam bursa Capres 2024 alias kuda hitam. Ia berpendapat bahwa sosok Mr. X bisa saja diisi oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Tentu saja kita semua menjadi bertanya-tanya, siapa sajakah Paslon yang mungkin akan terbentuk berdasarkan nama-nama dari hasil riset itu?

1. Prabowo - Puan

Kedekatan Prabowo, Megawati, dan Puan [Foto: Merdeka.com/twitter pramono anung]
Kedekatan Prabowo, Megawati, dan Puan [Foto: Merdeka.com/twitter pramono anung]
Hal yg menjadi sorotan adalah munculnya kembali nama Prabowo sebagai salah satu peserta kontestasi Pemilu. Ia termasuk tokoh yang paling aktif mengikuti kontestasi Pilpres, yakni sebanyak 3 kali. Salah satu kontestasi Pilpres yang ia lakoni adalah pada tahun 2009 saat berpasangan dengan Megawati. Hingga kini pun, baik Prabowo maupun Megawati memiliki hubungan pribadi yang erat satu dengan lainnya. Bahkan Prabowo sempat mengatakan menyukai nasi goreng buatan Megawati. Rasa hormatnya pada Megawati, serta sikap patriotisnya menyebabkan tidak tertutupnya kemungkinan Prabowo akan berpasangan dengan salah satu tokoh hasil riset LSI Denny JA. Yakni putri dari Megawati, Puan Maharani.

Kemungkinan munculnya Paslon tersebut makin diperkuat dengan adanya rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo. Rekonsiliasi ini disinyalir akan memperbaiki hubungan Prabowo dengan Presiden Jokowi yang juga politikus PDIP. Terlebih lagi, Jokowi telah mengajak Prabowo bersamanya untuk membangun negeri.

Melihat tawaran tersebut, Ketua DPP Gerindra Habiburokhman meresponnya dengan positif. Menurutnya Gerindra akan berada di jalur oposisi, namun apabila ada keputusan Jokowi yang baik, maka mereka akan mendukungnya. "Sepertinya 5 tahun ke depan kita akan tetap seperti itu, kita akan dukung apapun, keputusan Jokowi yang baik, kita akan dukung all out," imbuh Habiburokhman.

Sehingga jika Prabowo mau, tentunya ia bisa menjadi Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) Jokowi, seperti yang pernah Faldo Maldini utarakan. Ikut bergabung dalam pemerintahan Jokowi, maka Prabowo akan bisa ikut mengontrol arah kebijakan yang diambil pemerintah, mengingat perannya yang akan menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan. Apabila hal tersebut terjadi, maka dapat terbentuk pemerintahan yang solid dan saling membangun antara eks rival tersebut.

Kedekatannya dengan pemerintah akan menyebabkan makin eratnya hubungan Prabowo dengan kubu Megawati. Lewat kembali dekatnya Prabowo dengan kubu Jokowi dan PDIP, maka sepertinya Paslon Prabowo-Puan akan menjadi sosok yang kemungkinan akan muncul di Pilpres 2024.

2. Emil (Ridwan Kamil) - Ganjar Pranowo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x