Mohon tunggu...
Naila Aimmatun Niswah
Naila Aimmatun Niswah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNNES

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UNNES Memanfaatkan Canva Berbasis e-LKPD untuk Tingkatkan Kreativitas Siswa di MI NU 71 Unggulan Karanganom

8 Oktober 2025   19:51 Diperbarui: 8 Oktober 2025   19:51 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan Sertifikat oleh Guru kelas 3 MI NU 71 Unggulan Karanganom (Sumber: Dok. Pribadi Penulis)

Kendal, Jawa Tengah – Seorang mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) menunjukkan inovasi dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan Canva berbasis e-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik elektronik) untuk meningkatkan kreativitas siswa di sekolah dasar.


Melalui karya tersebut, mahasiswa UNNES tersebut berupaya menghadirkan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi digital saat ini. e-LKPD yang dibuat menggunakan aplikasi Canva dirancang dengan tampilan visual yang menarik serta dilengkapi aktivitas pembelajaran yang menumbuhkan daya imajinasi dan berpikir kreatif siswa.
Mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa pemanfaatan Canva dalam e-LKPD bertujuan untuk membantu guru menghadirkan media pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menyenangkan.
“Saya ingin menghadirkan media belajar yang bisa membuat siswa lebih aktif dan kreatif. Dengan Canva, guru bisa membuat lembar kerja yang menarik secara visual sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar,” ujarnya.


Kegiatan penerapan e-LKPD berbasis Canva ini dilakukan di MI NU 71 Unggulan salah satu Madrasah Ibtidaiyah  di Kabupaten Kendal, di mana siswa diajak mengerjakan lembar kerja digital melalui perangkat tablet dan laptop sekolah. Hasilnya, para siswa tampak antusias dan menunjukkan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.


Salah satu guru di MI tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi yang dilakukan mahasiswa UNNES tersebut.
“Pendekatan ini sangat relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini. Siswa menjadi lebih aktif, dan proses belajar terasa lebih menyenangkan,” ungkapnya.
Melalui inovasi ini, mahasiswa UNNES berharap bahwa guru dan calon pendidik lain dapat terus beradaptasi dengan teknologi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun